Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Warna Cat yang Harus Dihindari di Dapur Menurut Psikolog

Kompas.com - 04/08/2022, 20:14 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Cat dapat mengubah nuansa ruangan dengan cepat dan mudah, bahkan berpengaruh pada kesehatan mental. 

Ada beberapa ruangan di rumah yang dapat memberikan pengaruh saat mengaplikasikan warna cat, salah satunya dapur

Baca juga: 5 Area Penyimpanan yang Sering Diabaikan di Dapur Kecil

Akan tetapi, tidak semua warna cat cocok untuk dapur. Karena dapur menjadi ruangan yang paling sering digunakan di rumah, psikolog sepakat penting untuk memilih warna cat yang tepat. 

Dilansir dari Homes and Gardens, Kamis (4/8/2022), psikolog dan konsultan kesejahteraan, Lee Chambers, mengatakan ada beberapa warna cat yang tidak dianjurkan diaplikasikan di dapur. 

"Ketika memiliki ide warna dapur, ada dua yang berpotensi harus dihindari, tergantung pada bagaimana Anda menggunakan ruang," kata Lee. 

Baca juga: 5 Cara Menghadirkan Feng Shui di Dapur untuk Memperoleh Energi Positif

Ilustrasi dapur dengan warna cat kuning.SHUTTERSTOCK/Artazum Ilustrasi dapur dengan warna cat kuning.
Pertama, abu-abu gelap dan coklat dapat membuat dapur terasa dingin, tidak ramah, tidak mengundang, serta berpotensi menyebabkan suasana hati lebih menurun. 

"Dengan dapur menjadi tempat kita memiliki fokus pada hal-hal yang steril dan aman, warna-warna ini hampir bisa terasa sedikit kotor dan kotor," tambah Lee. 

Selain itu, warna cat yang harus dihindari di dapur adalah kuning cerah. Kuning dapat membawa suasana cerah ke dapur dan meningkatkan kreativitas, tapi harus dihindari. 

"Tantangan kuning cerah adalah dapat meningkatkan stres, terutama jika kita menyulap banyak aspek dalam menyiapkan makanan," jelasnya. 

Baca juga: 4 Cara Mendekorasi Dapur agar Terlihat Lebih Menarik 

Kuning juga membuat mata lelah lebih dari yang lain serta menyebabkan perasaan tidak tenang, frustrasi, dan lelah, terlebih bila menghabiskan banyak waktu di hadapan warna kuning cerah.

Jadi, mungkinkah menemukan warna cat yang sesuai dengan tren desain interior tanpa mengganggu kesehatan?

Psikolog warna dari EZ Living, Helen O'Keeffe, menyarankan menggunakan warna cat yang aman di dapur seperti hijau karena rona ini bekerja di setiap ruangan di rumah. 

Baca juga: Cara Membuat Dapur Terasa Lebih Besar Tanpa Renovasi

Selain sudut pandang psikolog, Martin Waller, pendiri Andrew Martin, memberi tahu warna cat yang cocok di dapur berdasarkan desain. 

Ia menyarankan menggunakan warna terang dan netral untuk membuat dapur tampak lebih cerah, terutama jika dipasangkan dengan ruang makan yang dicat gelap. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com