Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Area yang Tidak Boleh Menggantung Jam Dinding Menurut Feng Shui

Kompas.com - 04/08/2022, 18:14 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Menggantung jam dinding sesuai dengan panduan feng shui ternyata memiliki manfaat tersendiri.

Sebab, dahulu kala, praktisi feng shui kuno menganggap jam sebagai simbol berlalunya waktu atau lebih tepatnya seiring berjalannya waktu.

Baca juga: Lokasi Terbaik Meletakkan Jam Dinding di Rumah Menurut Feng Shui

Sering kali, jam dinding dipandang sebagai hitungan mundur dari waktu yang terbatas untuk banyak hal, dari tugas, pencapaian, hingga rentang hidup.

Karena itu, ada panduan feng shui yang perlu diketahui sebelum menggantung jam ke dinding seperti lokasi yang perlu dihindari.  

Disadur dari Love to Know, Kamis (4/8/2022), berikut area yang perlu dihindari untuk menggantung jam dinding menurut feng shui. 

Baca juga: Cara Menggantung Jam Dinding Tanpa Perlu Menggunakan Paku

Di bawah atau di atas ketinggian mata

Ilustrasi jam dinding sebagai dekorasi rumah.PEXELS/AMORNTHEP SRINA Ilustrasi jam dinding sebagai dekorasi rumah.

Hindari menggantung jam dinding lebih tinggi atau rendah dari ketinggian mata. Ini membuat energi chi mengalir dengan canggung melalui ruangan dalam upaya mencapai jam.

Tidak hanya itu, penempatan ini dapat membuat ruangan terasa kurang seimbang lantaran energi chi akan bergerak secara sporadis. Mereka tidak akan mengalir dengan merata ke seluruh ruangan.

Baca juga: Tips Merawat Jam Dinding agar Tidak Cepat Rusak

Di jendela atau pintu

Lokasi lain yang harus dihindari ketika menggantung jam dinding adalah jendela atau pintu. Bahkan, menyenderkan jam pada salah satu dari dua benda tersebut dilarang.

Sebab, penempatannya menciptakan sensasi waktu bergerak terlalu cepat. Kamu akan merasa waktu semakin menjauh dan tidak bisa mengejarnya serta membuat kamu merasa selalu tertinggal dalam berbagai tugas atau mencapai tujuan. 

Baca juga: 5 Tips Merawat Koleksi Jam Tangan dan Perhiasan

Di atas jendela atau pintu

Ilustrasi jam dinding.UNSPLASH / Jon Tyson Ilustrasi jam dinding.

Selain jendela atau pintu,menggantung jam di posisi atas jendela dan pintu juga tidak boleh dilakukan. 

Ini merupakan lokasi yang tidak nyaman yang membuat jam dinding sulit dilihat dan dijangkau, terutama bila ingin mengganti baterai atau membetulkan jarum penunjuk waktunya. 

Di ruang makan

Jam dinding juga tidak boleh digantung di ruang makan karena bisa menandakan makanan dan kelimpahan Anda terbatas serta segera habis. 

Baca juga: Panduan Penempatan Jam di Rumah Menurut Feng Shui

Berlawanan dengan pintu

Untuk pintu yang mengarah ke luar rumah, seperti pintu masuk atau pintu belakang, sebaiknya jangan menggantung jam dinding pada posisi yang berlawanan dengannya. 

Penempatan ini dianggap sebagai penempatan yang sial lantaran akan mengundang kesialan. Permukaan kaca pada jam dinding sering kali memantulkan cahaya dan berfungsi sebagai cermin. 

Artinya, jam dinding yang digantung pada posisi berlawanan dengan pintu dapat memantulkan energi chi yang masuk ke rumah atau ruangan.

Baca juga: Berapa Ketinggian Jam Dinding yang Ideal di Ruangan? Ini Panduannya

Di kamar tidur

Memiliki jam di kamar tidur boleh dilakukan, tetapi jangan menggantungnya tepat di atas tempat tidur. Sebaiknya, letakkan jam di meja nakas atau di area lain.

Sebab, jam yang digantung tepat di atas tempat tidur dapat membuat kamu merasa tergesa-gesa, gugup, gelisah saat tidur, bahkan menyebabkan insomnia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com