Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat Grooming pada Kucing Peliharaan dan Waktu Terbaik Melakukannya

Kompas.com - 04/08/2022, 20:49 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Hill's Pet

JAKARTA, KOMPAS.com - Kucing merupakan hewan peliharaan yang sangat memperhatikan penampilan, tapi terkadang tidak melakukan perawatan dengan cukup baik.

Hal ini mungkin membuat Anda bertanya-tanya apakah harus merawat kucing secara profesional atau tidak dan seberapa sering perlu merawatnya. 

Baca juga: 5 Fakta Unik Kucing Savannah, Mirip Macan Tutul dan Tidak Takut Air

Dilansir dari Hill's Pet, Kamis (4/8/2022), melakukan perawatan kucing atau grooming menggunakan jasa profesional memiliki beberapa manfaat bagi sahabat bulu.

Pertama, membantu membersihkan setiap anggota tubuh kucing secara maksimal. Sebab, ada beberapa anggota tubuh yang tidak bisa dijangkau kucing peliharaan sehingga perlu mendapat bantuan profesional. 

Kedua, membantu menjaga kesehatan kucing. "Satu atau dua penyikatan per minggu akan membantu kucing menjaga bulunya tetap berkilau dan sehat," jelas American Society for the Prevention of Cruelty to Animals (ASPCA). 

Baca juga: 6 Ras Kucing yang Tidak Takut Air dan Bisa Berenang

Anda akan menemukan hasil perawatan rutin tersebut sangat bermanfaat ketika kucing peliharaan menua dan tidak lagi mampu merawat dirinya sendiri dengan sangat cermat.

Selain menjaga bulunya tetap halus dan berkilau, menyisir bulu kucing secara teratur dapat membantu menghilangkan bulu yang rontok, mengurangi kusut, mengurangi bola rambut, serta menghilangkan kotoran. 

"Perawatan kucing juga membantu Anda mengidentifikasi area iritasi dan benjolan yang tersembunyi di bawah semua bulu itu," kata Greencross Vets.  

Baca juga: Asal Usul Takhayul Kucing Hitam yang Dianggap Bawa Sial dan Faktanya

Kapan harus membawa kucing untuk perawatan?

Ilustrasi grooming kucingFREEPIK.COM/PROSTOOLEH Ilustrasi grooming kucing
Beberapa alasan paling umum kucing peliharaan membutuhkan groomer profesional adalah mengatasi bulu yang kusut, terutama pada kucing berbulu panjang.

Namun, ini bisa tidaklah mudah apabila kucing peliharaan pemarah atau Anda tidak memiliki kemampuan perawatan. 

Perawatan kucing meliputi menyikat atau menyisir bulu, memandikannya, memotong kuku, serta membersihkan mata dan telinga. 

Baca juga: 8 Ras Kucing Bertubuh Besar yang Cocok Jadi Peliharaan di Rumah

Jika merasa tidak yakin dengan kemampuan Anda, Best Friends Animal Society merekomendasikan mengunjungi groomer profesional untuk mendapatkan perawatan terbaik. 

Lantas, seberapa sering kucing peliharaan perlu mendapat perawatan secara profesional?

Dengan penyisiran dan perawatan rutin di rumah, kucing peliharaan hanya perlu mengunjungi groomer profesional sekitar empat kali setahun.

Sedangkan untuk layanan seperti pemangkasan kuku, ASPCA merekomendasikan melakukannya setiap 10 hari hingga dua minggu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com