Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ragam Faktor yang Harus Dipertimbangkan Saat Membeli Rumah

Kompas.com - 26/10/2022, 22:58 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

TANGERANG, KOMPAS.com - Setiap orang memiliki standar hunian yang nyaman dan cocok untuk kebutuhannya masing-masing.

Ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan saat memilih hunian. Faktor-faktor ini nantinya akan mempengaruhi kehidupan dan kebiasaan yang dijalani pemilik setiap harinya.  

Baca juga: 5 Hal Penting yang Harus Dilakukan Saat Membeli Rumah Baru

Reynaldo Mahogi, Sales Manager Auraya Suites menjelaskan faktor lokasi dan fasilitas harus dipertimbangkan saat memilih hunian guna memudahka kegiatan sehari-hari. 

"Hal ini juga berkaitan dengan gaya hidup banyak orang yang semakin praktis dan simpel sehingga memerlukan satu tempat one stop living untuk mempermudah kehidupannya," ucapnya dalam acara media gathering yang diadakan di Marketing Gallery Auraya Suites di Tangerang, Rabu (26/10/2022). 

Di sisi lain, Dian Sastrowardoyo sebagai brand ambassador Auraya Suites, mengatakan ada beberapa faktor yang menjadi pertimbangannya saat memilih hunian seperti lokasi dan fasilitas.  

Baca juga: Tips Membeli Rumah yang Sudah Jadi

Misalnya, untuk Auraya Suites, Dian mengatakan bahwa hunian tersebut berada di lokasi strategis, lingkungannya nyaman, dan fasilitasnya lengkap sehingga dapat mendukung lifestyle-nya yang aktif dengan berbagai kesibukan.

Selain itu, investment value membuatnya memilih Auraya Suites, apalagi saat ini semuanya sudah semakin sadar atas pentingnya berinvestasi.

Selain itu, Dian juga memilih hunian yang menyediakan fasilitas untuk olahraga serta sistem keamanan yang baik. 

Selain lokasi dan fasilitas, ternyata ada beberapa faktor yang juga menjadi pertimbangan saat membeli rumah seperti dilansir dari The Spruce berikut ini. 

Baca juga: Periksa 6 Hal Ini Sebelum Membeli Rumah Second

Lingkungan

Ilustrasi membeli rumah, tabungan perumahan. FREEPIK/FREEPIK Ilustrasi membeli rumah, tabungan perumahan.
Pastikan hunian berada di lingkungan yang aman. Untuk mengetahui lingkungan sekitar aman, cobalah berkeliling pada hari kerja dan akhir pekan, baik pada siang maupun malam hari.

Cobalah lihat apakah tetangga menjaga halaman tetap bersih dan rapi? Apakah lingkungan sekitar cukup aman bagi orang untuk berjalan, berlari, atau bersepeda? Apakah lingkung ramah anak atau ramah hewan peliharaan? 

Ukuran dan denah lantai

Hindari terpesona oleh hunian ekstra besar atau rumah dengan fitur unik apabila tidak akan pernah menggunakan ruang tersebut.

Tentukan ukuran yang tepat untuk Anda serta denah lantai yang ideal sebelum berburu hunian. Jadi, pertimbangkan secara realistis ruang dan tata letak yang Anda perlukan untuk gaya hidup sekarang ini dan rencana tinggal di rumah tersebut.  

Baca juga: 5 Renovasi yang Harus Dilakukan Saat Membeli Rumah Tua, Apa Saja?

Jendela dan pencahayaan

Lihat pemandangan dari jendela dan seberapa banyak cahaya alami yang masuk. Tentu Anda tidak ingin menatap rumah tetangga sepanjang hari atau harus menyalakan lampu buatan karena ruangan tidak cukup terang.

Selanjutnya, perhatikan perlengkapan lampu dan outlet built-in di setiap ruangan. Anda selalu dapat menambahkan pencahayaan buatan dan outlet nanti.  

Keamanan dan teknologi

Ilustrasi menjual rumah, ilustrasi membeli rumah. FREEPIK.COM/JCOMP Ilustrasi menjual rumah, ilustrasi membeli rumah.
Selain itu, pembaruan teknologi, seperti termostat pintar atau sistem keamanan rumah, dapat menjadi daya tarik yang besar. Jika elemen-elemen ini penting bagi Anda, carilah hunian yang menyediakannya. 

Baca juga: 6 Keuntungan Membeli Rumah Dibanding Apartemen, Apa Saja?

Ruang terbuka hijau

Ini juga merupakan faktor penting yang harus dipertimbangkan ketika membeli rumah. Prioritaskan lokasi dengan pemandangan indah dan lingkungan yang bagus untuk tumbuh kembang anak-anak.

Demikian pula, topografi juga penting karena rumah di titik tertinggi di daerah itu bagus untuk drainase dan biasanya memiliki pemandangan bagus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Spruce
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com