Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Membuat Rumah Tetap Harum Sepanjang Waktu

Kompas.com - 25/07/2023, 12:39 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Clean Mama

JAKARTA, KOMPAS.com - Bau tidak sedap dapat terjadi kapan saja dan rumah mana pun. Biasanya, bau berasal dari dapur dan kamar mandi, seperti saluran pembuangan air yang tersumbat, wastafel yang tersumbat, dan tempat sampah yang tidak dibersihkan. 

Tentu saja, rumah yang berbau membuat tidak nyaman dan betah. Maka itu, perlu menghilangkan bau tersebut dan menjaga rumah tetap harum. 

Dikutip dari Clean Mama, Selasa (25/7/2023), berikut sejumlah cara membuat rumah tetap harum sepanjang waktu

Baca juga: 5 Cara Membuat Kamar Mandi Tetap Harum

Rutin membersihkan rumah

Ilustrasi membersihkan rumah, mengepel lantai.SHUTTERSTOCK/PBXSTUDIO Ilustrasi membersihkan rumah, mengepel lantai.
Membersihkan rumah secara konsisten tak hanya menjaganya dalam kondisi bersih dan terawat, tetapi juga rapi dan bebas bau. 

Bersihkan semua piring yang kotor di wastafel, buang semua sampah, cuci semua pakaian kotor di dalam mesin cuci karena bisa membuat bau apak, dan bersihkan lantai. 

Buang sampah

Selanjutnya, cara membuat rumah tetap harum sepanjang waktu adalah membuang sampah secara teratur. Buang sampah setiap malam setelah makan malam untuk mencegah dapur berbau. 

Selain itu, singkirkan sisa makanan yang sudah kedaluwarsa dari kulkas, lalu seka semua permukaan kulkas. Ini akan menjaga kulkas tetap harum.  

Baca juga: 5 Cara Meningkatkan Daya Mencuci Pakaian agar Lebih Bersih dan Harum

Gunakan bahan dapur 

Sejumlah bahan-bahan alami dapat menghilangkan bau dan membuat dapur harum serta segar. Berikut bahan alami yang dapat mengharumkan rumah.  

  • Baking soda 

Ilustrasi baking soda.Shutterstock/ThamKC Ilustrasi baking soda.
1. Taburkan baking soda di tempat sampah yang bau. 

2. Taburkan baking soda di atas karpet yang bau, diamkan, lalu sedot debu karpet hingg bersih. 

3. Simpan sebuah kotak atau wadah berisi baking soda di dalam kulkas atau freezer untuk menyerap semua bau. 

Baca juga: 6 Bunga Paling Harum yang Dapat Menyegarkan Taman dan Rumah

  • Cuka putih

1. Cuka putih dapat menghilang bau di dapur. Untuk bau dapur yang tidak sedap, seperti bau makan malam yang tidak kunjung hilang, tuangkan 59-118 mililiter cuka ke dalam mangkuk kecil dan diamkan di atas meja selama 24 jam.

2. Campurkan cuka putih dan air yang telah disaring dengan perbandingan 50:50 serta tuangkan ke dalam botol semprot untuk membersihkan bau yang sangat menyengat, diamkan dan bersihkan. 

Baca juga: 7 Bunga yang Mekar pada Malam Hari, Cantik dan Harum

  • Minyak esensial

Ilustrasi minyak esensial Bergamot. Minyak esensial ini dapat digunakan untuk meredakan kecemasan. SHUTTERSTOCK/JUNJIRA LIMCHAROEN Ilustrasi minyak esensial Bergamot. Minyak esensial ini dapat digunakan untuk meredakan kecemasan.
Selanjutnya, cara membuat rumah tetap harum sepanjang waktu adalah menggunakan satu atau dua tetes minyak esensial favorit Anda. 

Tetaskan minyak esensial di atas bola kapas atau kapas, kemudian selipkan di laci meja rias yang pengap, lemari yang pengap, sepatu yang bau, tas olahraga, serta tas atau tabung penyedot debu.

Selain itu, bisa menggunakan diffuser dengan aroma minyak esensial favorit di ruang yang berbau, seperti dapur. Namun, bisa juga meletakkan di ruang keluaraga atau ruang lainnya untuk menjaga kesegaran. 

Baca juga: 8 Cara Membuat Rumah Harum seperti Tempat Spa

Didihkan rempah-rempah 

Terakhir, cara membuat rumah tetap harum sepanjang waktu adalah mendidihkan rempah-rempah. Gunakan jeruk, rempah-rempah, dan air untuk membuat rebusan kompor sederhana untuk menyegarkan dapur secara alami.

Carilah lilin yang bebas pewarna dan menggunakan minyak wangi alami atau minyak esensial untuk aromanya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com