Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Cara Membuat Kamar Mandi Selalu Harum yang Mudah Dilakukan

Kompas.com - 02/05/2023, 15:10 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dari semua ruangan di rumah, beberapa ruangan lebih sulit untuk tetap beraroma segar sepanjang waktu. Salah satunya adalah kamar mandi..

Jika kamar mandi Anda memiliki bathtub atau shower, kelembapan yang berpotensi menimbulkan bau mudah terakumulasi. Selain itu, kloset dapat menyebabkan masalah bau tidak sedap pula.

Namun demikian, ada beberapa cara membuat kamar mandi selalu harum yang mudah dilakukan, yakni sebagai berikut, dikutip dari Apartment Therapy, Selasa (2/5/2023).

Baca juga: 6 Cara Membuat Kamar Mandi Tampak Mewah Tanpa Anggaran Besar

Ilustrasi saluran air kamar mandi. SHUTTERSTOCK/SHANNON REISWIG Ilustrasi saluran air kamar mandi.

1. Hilangkan bau saluran air secara teratur

Terkadang, bau terburuk ada di tempat yang tidak bisa Anda lihat. Itulah sebabnya Barry Brown, pemilik Counter Culture DIY, menyarankan untuk menghilangkan bau saluran air kamar mandi dengan pembersih alami dari soda kue dan cuka setiap bulan.

Soda kue menetralkan bau, dan kehadiran cuka menciptakan tindakan menggelegak yang membantu kotoran yang tidak enak terlepas sehingga air bilasan dapat membersihkannya, kata Brown.

Cukup tambahkan secangkir atau lebih soda kue ke saluran pembuangan, dan diamkan selama beberapa jam. Kemudian tuangkan secangkir cuka putih, tunggu lima menit, dan bilas dengan air panas.

Namun, penting untuk melakukan tindakan ini secara terpisah, karena mencampurkan soda kue dan cuka bersama-sama tidak memungkinkan pembersihan yang efektif.

Baca juga: 6 Tanaman Hias untuk Mendekorasi Kamar Mandi

Dalam hal ini, ini lebih tentang reaksi cuka yang membantu melonggarkan kotoran.

2. Perhatikan handuk

Kamar mandi yang harum bukan hanya tentang bak mandi, wastafel, dan kloset. Penting juga untuk memperhatikan handuk, yang bisa mulai berbau jika tidak dibiarkan kering sepenuhnya atau tidak cukup sering dicuci.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com