Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Cara Membuat Kamar Mandi Selalu Harum yang Mudah Dilakukan

JAKARTA, KOMPAS.com - Dari semua ruangan di rumah, beberapa ruangan lebih sulit untuk tetap beraroma segar sepanjang waktu. Salah satunya adalah kamar mandi..

Jika kamar mandi Anda memiliki bathtub atau shower, kelembapan yang berpotensi menimbulkan bau mudah terakumulasi. Selain itu, kloset dapat menyebabkan masalah bau tidak sedap pula.

Namun demikian, ada beberapa cara membuat kamar mandi selalu harum yang mudah dilakukan, yakni sebagai berikut, dikutip dari Apartment Therapy, Selasa (2/5/2023).

1. Hilangkan bau saluran air secara teratur

Terkadang, bau terburuk ada di tempat yang tidak bisa Anda lihat. Itulah sebabnya Barry Brown, pemilik Counter Culture DIY, menyarankan untuk menghilangkan bau saluran air kamar mandi dengan pembersih alami dari soda kue dan cuka setiap bulan.

Soda kue menetralkan bau, dan kehadiran cuka menciptakan tindakan menggelegak yang membantu kotoran yang tidak enak terlepas sehingga air bilasan dapat membersihkannya, kata Brown.

Cukup tambahkan secangkir atau lebih soda kue ke saluran pembuangan, dan diamkan selama beberapa jam. Kemudian tuangkan secangkir cuka putih, tunggu lima menit, dan bilas dengan air panas.

Namun, penting untuk melakukan tindakan ini secara terpisah, karena mencampurkan soda kue dan cuka bersama-sama tidak memungkinkan pembersihan yang efektif.

Dalam hal ini, ini lebih tentang reaksi cuka yang membantu melonggarkan kotoran.

2. Perhatikan handuk

Kamar mandi yang harum bukan hanya tentang bak mandi, wastafel, dan kloset. Penting juga untuk memperhatikan handuk, yang bisa mulai berbau jika tidak dibiarkan kering sepenuhnya atau tidak cukup sering dicuci.

Jeremy Yamaguchi, CEO Lawn Love, menyarankan mengganti handuk kamar mandinya setiap satu atau dua tahun atau lebih cepat jika digunakan setiap hari.

Jika handuk Anda tidak lagi lembut atau berbau permanen bahkan setelah dicuci, sudah waktunya untuk menggantinya, saran dia.

3. Membersihkan kamar mandi secara teratur

Seperti halnya dapur, mengatasi kekacauan di kamar mandi dapat sangat membantu dalam mencegah bau tidak sedap. Vered DeLeeuw, pendiri Healthy Recipes Blog menyatakan, bersihkan kamar mandi dengan cepat setiap hari.

Jika Anda tidak punya waktu untuk semuanya, fokuslah untuk mengelap wastafel, menyikat dan membersihkan kloset, dan memastikan shower atau bak mandi kering agar tidak mulai berbau jamur.

4. Tambahkan aroma yang menyenangkan

Selain menghilangkan bau yang tidak diinginkan, Anda bisa menambahkan bau yang enak ke dalam campuran.

Blogger Jill Bauer menyemprotkan semprotan pengharum ruangan pada bola kapas dan memasukkannya ke dalam gulungan tisu toilet dan bagian bawah tempat sampah.


Menyemprotkan pengharum linen pada handuk tangan dan keset kamar mandi juga dapat membantu menjaga agar tetap segar.

5. Jaga agar udara tetap bergerak

Tanpa sirkulasi udara, ruangan mana pun bisa mulai berbau pengap. Di kamar mandi, yang dapat dengan mudah mengakumulasi kelembapan dan bau tidak menyenangkan lainnya, udara segar bahkan lebih penting.

Blogger Amy Smith mengatakan, Anda bisa menjaga ventilasi kamar mandi tetap baik dengan memasang exhaust fan dan membuka jendela jika memungkinkan untuk mengalirkan udara.

6. Tambahkan satu atau dua tanaman hias

Tanaman hias dalam pot dapat menambahkan semburat warna ke kamar mandi yang kusam. Desainer interior dan blogger Sarah Bowen menggunakan tanaman pembersih udara agar kamar mandinya tidak berbau.

Pertama, tanaman menyaring racun dan kotoran dari udara, yang dapat menghilangkan bau kamar mandi yang tidak sedap. Tanaman juga mengembalikan oksigen ke udara, menjaga kamar mandi berbau lebih bersih dan segar daripada pengap dan bau.

Dia merekomendasikan tanaman lidah mertua, English ivy, atau pakis Boston untuk hasil terbaik.

7. Gunakan produk pembersih khusus kamar mandi

Meskipun semprotan serbaguna mungkin baik-baik saja di meja, beberapa ruangan, termasuk kamar mandi, memerlukan pembersih khusus yang dimaksudkan untuk mencegah bau dan membunuh kuman.


Rich Mullins, pendiri H2O Plumbing, selalu menggunakan pembersih kamar mandi khusus yang dimaksudkan untuk menghilangkan bau.

Ada berbagai solusi yang tersedia di pasaran untuk membersihkan dan menghilangkan bau kamar mandi, ujarnya.

8. Gunakan dehumidifier

Jika Anda tinggal di daerah lembap, atau kamar mandi tidak memiliki ventilasi yang cukup, Anda mungkin rentan terhadap pertumbuhan bakteri dan jamur yang berbau dan berisiko untuk kesehatan.

Steve Evans, pemilik Memphis Maids, selalu menyediakan dehumidifier di kamar mandi agar semuanya tetap kering dan berbau segar, terutama saat cuaca sangat lembap.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/05/02/151000776/8-cara-membuat-kamar-mandi-selalu-harum-yang-mudah-dilakukan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke