Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/04/2023, 20:29 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Buih sabun adalah hasil dari penggabungan mineral air dan lemak sabun yang terjadi setiap kali mandi.

Ini adalah jenis kotoran yang dapat membuat tugas membersihkan kamar mandi sangat melelahkan. Hal ini karena buih sabun memiliki tekstur bersisik tertentu yang dengan cepat meresap ke banyak area di kamar mandi. 

Baca juga: Cara Menghilangkan Noda Buih Sabun di Kamar Mandi, Bisa Pakai Cuka

Dengan memeriksa pintu kamar mandi atau dinding bak mandi, Anda dapat dengan mudah menemukan garis-garis menonjol dari buih sabun yang menumpuk.

Membersihkan buih sabun dapat menjadi lebih sulit dengan berlalunya waktu. Hal ini karena bahan tersebut menjadi lebih tebal dan sulit digosok.

Mencegah pembentukan buih sabun bukan pilihan realistis yang bisa diambil mengingat Anda tidak bisa menghindari penggunaan produk sabun. Solusi terbaik, melakukan pembersihan kamar mandi secara teratur.  

Dikutip dari Rhythm of the Home, Selasa (18/4/2023), berikut cara membersihkan buih sabun di kamar mandi. 

Baca juga: Cara Membersihkan Residu Buih Sabun di Ubin Keramik Kamar Mandi

Membersihkan buih sabun dari pintu shower

Ilustrasi membersihkan kamar mandi. SHUTTERSTOCK/MARK AGNOR Ilustrasi membersihkan kamar mandi.
Pintu shower yang terbuat dari kaca dapat dibersihkan secara efektif dengan bantuan campuran cuka dan baking soda jika Anda lebih menyukai solusi buatan sendiri.

Untuk hasil pembersihan terbaik, disarankan membiarkan larutan penghilang kerak sabun bekerja sebelum dibilas. 

Mulailah mencampurkan 284 mililiter baking soda dengan 71 mililiter cuka untuk membuat pasta. Bahan-bahan yang digabungkan akan memberikan reaksi bersoda yang memberikan daya pembersih kuat untuk membersihkan buih sabun di kamar mandi. 

Gunakan spons untuk mengoleskannya pada pintu shower kaca dan biarkan melakukan keajaibannya. Metode DIY ini bekerja cukup efektif untuk sebagian besar pekerjaan pembersihan buih sabun.

Namun, untuk pekerjaan yang lebih menantang, memerlukan sedikit tambahan abrasif. Dalam hal ini, direkomendasikan menambahkan sedikit garam dapur ke dalam campuran cuka.  

Baca juga: Jangan Bersihkan 7 Benda Ini Pakai Sabun Cuci Piring, Bisa Rusak

Hilangkan buih sabun dari perlengkapan kamar mandi fiberglass

Fiberglass adalah bahan yang umum digunakan untuk bak mandi dan shower karena bobotnya ringan serta harganya terjangkau. Bahan ini praktis, tapi cukup sulit dijaga kebersihannya dibanding bahan lainnya. 

Perawatan rutin sangat penting untuk fiberglass, tetapi Anda harus menghindari masalah yang tidak menyenangkan, seperti pengelupasan dan keretakan yang dapat disebabkan pembersih abrasif yang keras.

Cara terbaik membersihkan buih sabun di permukaan fiberglass adalah menggunakan produk komersial yang dirancang baik atau solusi buatan sendiri. 

Baca juga: 5 Kegunaan Sabun Cuci Piring Selain Membersihkan Peralatan Makan

Mengingat sifat fiberglass yang lebih halus, disarankan tetap menggunakan pembersih yang lebih lembut dan memberikan waktu cukup untuk mulai melonggarkan residu sabun.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com