Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/10/2022, 20:36 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comKamar mandi menjadi salah satu ruangan yang perlu dibersihkan secara rutin guna mencegah penumpukan bakteri dan kotoran.

Apalagi, kamar mandi digunakan untuk membersihkan tubuh sekaligus membuang urine dan tinja. Namun, seberapa sering kamar mandi harus dibersihkan?

Baca juga: 8 Cara Mempercantik Kamar Mandi Tanpa Merenovasinya

CEO sekaligus pendiri Silent Maids, Dorian Alves, mengatakan bahwa kamar mandi harus dibersihkan secara menyeluruh seminggu sekali. 

"Kamar mandi memiliki banyak sudut dan celah yang membutuhkan perawatan konsisten,” ujarnya dilansir Homes and Gardens, Selasa (4/10/2022).

Handuk, tisu, dan pakaian juga menghasilkan banyak debu dan serat. Mereka dapat menutupi permukaan kamar mandi dan membuatnya tampak lebih kotor dari sebelumnya.

Baca juga: Desain Kamar Mandi untuk Tampilan yang Lebih Bersih

“Inilah mengapa kamar mandi harus dibersihkan secara menyeluruh setidaknya seminggu sekali,” sambung Alves. 

Ia menuturkan, pembersihan pada area-area tertentu yang mudah kotor juga bisa dilakukan di antara pembersihan mendalam, terutama saat merasa perlu membersihkan kamar mandi

Senada dengan Alves, Polly Shearer dari Drench mengatakan membersihkan kamar mandi perlu dilakukan secara mendalam seminggu sekali.

Baca juga: 4 Permukaan Kamar Mandi yang Sering Disentuh dan Cara Membersihkannya

Ilustrasi kamar mandi minimalis sederhana. SHUTTERSTOCK/VORONAMAN Ilustrasi kamar mandi minimalis sederhana.

Meski demikian, proses pembersihan tidak perlu lama atau rumit. Kamu bisa membagi waktu menjadi beberapa bagian lebih kecil jika metode ini sesuai dengan gaya hidup Anda. 

“Kami menyarankan menghabiskan waktu setidaknya satu jam seminggu untuk membersihkan kamar mandi serta memastikan bakteri tidak menumpuk,” kata Shearer.

Baca juga: Tips Membuat Kamar Mandi Terasa Nyaman dan Cerah

Meski begitu, bukan berarti benar-benar menghabiskan waktu satu jam di dalam kamar mandi. Misalnya, membaginya menjadi dua sesi pembersihan yang masing-masing memakan waktu 30 menit.

Bisa pula membagi satu jam pembersihan menjadi beberapa sesi, yang mana masing-masing sesi memakan waktu 15 menit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com