Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Warna Cat yang Dapat Mengurangi dan Membuat Stres

Kompas.com - 04/10/2022, 20:00 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanpa disadari, keadaan dalam rumah dapat mempengaruhi suasana hati seseorang, khususnya dalam hal warna.

Ada beberapa skema warna yang dapat dipilih untuk cat ruangan di dalam rumah, bahkan di antaranya dapat mengurangi stres, salah satunya biru. 

Baca juga: Penyebab Cat Dinding Terkelupas dan Cara Memperbaikinya

Dilansir dari Homes and Gardens, Selasa (4/10/2022), menurut psikolog, biru melambangkan empati, kesegaran, dan vitalitas.

Baik menggunakannya sebagai pola pernyataan, warna blok yang berani, maupun aksen yang halus, mengaplikasikan biru di dalam rumah dapat mengurangi stres, menenangkan, dan menyembuhkan.

Ruth Mottershead, Direktur Kreatif Little Greene, mengatakan memilih warna ruangan adalah cara sempurna mengubah ruang dengan mudah serta menambahkan kepribadian dan karakter. 

Baca juga: 6 Cara Membersihkan Noda Cat Dinding di Lantai Keramik

Ilustrasi cat, ilustrasi warna cat. Shutterstock/Sebastian Duda Ilustrasi cat, ilustrasi warna cat.
Selain mengurangi stres, biru adalah warna yang memberi kesejukan, ketenangan, serta  bekerja baik dalam skema klasik dan kontemporer.

Patrick O'Donnell dari Farrow & Ball, mengatakan biru juga hadir dengan atribut positif dalam psikologi warna seperti menghilangkan kecemasan, simpati, kehangatan, dorongan, spiritualitas, kesetiaan, juga perhatian. 

Untuk mengaplikasikan biru dalam interior rumah, Samantha Todhunter, founder Samantha Todhunter Design, merekomendasikan mengaplikasikan nada dan tekstur di ruangan berwarna biru tersebut.  

Baca juga: 6 Cara Membuat Cat Dinding Eksterior Rumah Tahan Lama

Warna apa yang menyebabkan stres?

Selain warna yang menenangkan, perlu juga memikirkan warna yang dapat membuat stres sehingga bisa menghindari mengaplikasikannya di rumah.

Salah satu warna yang membuat stres adalah merah karena warna ini terlalu keras dan agresif bagi sebagian orang. Selain itu, merah sering digunakan sebagai tanda peringatan serta mengingatkan akan bahaya. 

Baca juga: 4 Warna Cat yang Tidak Cocok untuk Dapur

Secara fisik, merah dapat memicu reaksi kimia dalam tubuh yang mirip dengan respons stres yang membawa bahaya seperti peningkatan detak jantung dan suhu tubuh lebih tinggi

Mengaplikasikan merah untuk ruangan hiburan terkadang dapat menyebabkan stres pada seseorang yang mengalami kecemasan.

Karena itu, pertimbangkan warna yang paling membuat Anda merasa santai di rumah. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com