Kompas.com - 04/10/2022, 07:47 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Cat dinding terkelupas bisa disebabkan berbagai hal, termasuk cuaca. Tanda-tanda cat dinding terkelupas dapat mudah dikenali, yakni adanya retakan, lubang di permukaan cat alias cat menggelembung, bahkan potongan besar atau bagian cat yang lepas dengan sendirinya.

Dikutip dari Better Homes & Gardens, Selasa (4/10/2022), penyebab cat dinding terkelupas bisa sangat beragam. Pengecatan di atas dinding yang kotor, kelembapan berlebih, persiapan yang tidak tepat, dan penggunaan cat lateks di atas cat minyak dapat memengaruhi daya rekat cat dan akhirnya mulai mengelupas.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda harus menghilangkan area yang terkelupas dan memulai dari awal dengan lapisan primer dan cat baru.

Baca juga: 7 Warna Cat yang Cocok untuk Ruangan Gelap Selain Putih

Ilustrasi cat dinding mengelupas.SHUTTERSTOCK / LutsenkoLarissa Ilustrasi cat dinding mengelupas.

Sebelum Anda mulai memperbaiki cat dinding terkelupas, penting untuk menentukan apakah cat yang mengelupas mengandung timbal. Jika Anda merasa rumah Anda memiliki cat berbahan dasar timbal, jangan mencoba memperbaiki sendiri cat yang mengelupas.

Sebagai gantinya, Badan Perlindungan Lingkungan (EPA) merekomendasikan untuk meminta bantuan seorang profesional yang dapat mengikuti praktik kerja aman.

Cara memperbaiki cat dinding terkelupas

Cat dinding yang mengelupas perlu dihilangkan terlebih dahulu sebelum Anda bisa mengecat permukaannya. Ikuti petunjuk ini untuk memperbaiki cat yang terkelupas.

Berikut alat-alat yang dibutuhkan. 

Baca juga: 6 Cara Membersihkan Noda Cat Dinding di Lantai Keramik

  • Alat pelindung diri
  • Kain atau terpal plastik
  • Pita cat atau selotip
  • Sikat kawat atau pengikis cat

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.