Kompas.com - 28/09/2022, 23:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Memutuskan warna cat untuk dapur bisa menjadi tugas sulit. Sebagai jantung rumah, orang cenderung menghabiskan banyak waktu di ruang fungsional ini sehingga pemilihan warna dapat mempengaruhi suasana hati ketika berada di dapur. 

Warna apa pun yang dipilih akan menjadi bagian dari rumah Anda selama beberapa tahun. Dengan demikian, pastikan memilih warna cat yang dapat bertahan lama sekaligus kualitas abadi untuk bertahan selama bertahun-tahun mendatang.

Namun, dilansir dari Livingetc, Rabu (29/9/2022), ada beberapa warna cat yang tidak cocok diaplikasikan di dapur seperti berikut ini. 

Baca juga: Ini Posisi Tepat Meletakkan Kompor dan Wastafel di Dapur

Merah

Ilustrasi dapur dengan nuansa warna merah. SHUTTERSTOCK/AFRICA STUDIO Ilustrasi dapur dengan nuansa warna merah.
Warna memiliki kekuatan mengubah ruang sepenuhnya. Sementara warna-warna berani yang cerah bisa menjadi luar biasa, tapi dibutuhkan keberanian untuk menggunakannya dalam desain karena memiliki risiko lebih besar. 

Chloé Batteson, desainer interior di Batteson Studio, menjelaskan, saat memilih warna cat dapur, pilih intensitas dan bayangan dari warna apa pun yang benar-benar akan menentukan bagaimana ruang terasa bersama dengan seberapa banyak warna yang digunakan. 

Chloé menujukkan warna merah cerah. Meski menjadi pilihan populer untuk ide dapur penuh warna, warna merah tua dan ruby bisa terasa luar biasa, terutama di bawah lampu yang lebih terang di dapur. 

"Warna-warna ini menciptakan drama dan membuat dapur terasa terlalu panas dan melelahkan, jadi sebaiknya dihindari," kata Chloé.

Cobalah lebih banyak menggunakan nada bersahaja yang diredam untuk suasana lebih tenang. 

Baca juga: 5 Cara Menambahkan Warna ke Dapur Saat Merenovasinya

Putih cermelang

Ide dapur putih adalah pilihan tradisional untuk dapur dan dinding rumah pada umumnya. Putih cerah menjadi pilihan utama karena membuat ruangan terlihat bersih dan segar.

Namun, warna putih cemerlang dapat membuat dapur terasa terlalu klinis dan tidak praktis karena lebih cepat kotor.

Halaman:
Sumber Living Etc


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.