Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menghilangkan Noda Buih Sabun di Kamar Mandi, Bisa Pakai Cuka

Kompas.com - 19/11/2022, 15:14 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Express

JAKARTA, KOMPAS.com - Area pancuran atau shower di kamar mandi merupakan tempat yang mengumpulkan semua jenis kotoran setiap kali digunakan, terutama buih sabun di sekitar saluran air dan di antara ubin.

Seperti halnya semua noda kamar mandi, pembersihan rutin adalah kunci untuk menjaga permukaan tetap bersih, tetapi apa yang dapat Anda gunakan untuk menghilangkan buih sabun selamanya?

Dilansir Express.co.uk, Sabtu (19/11/2022) buih sabun adalah lapisan tebal yang terbentuk saat endapan sabun berinteraksi dengan mineral dalam air keran.

 

Baca juga: Cara Menghilangkan Kerak Kapur pada Lantai dan Nat Kamar Mandi

Ilustrasi membersihkan kamar mandi Ilustrasi membersihkan kamar mandi

Sama seperti noda kerak, noda bergelembung seringkali lebih buruk di area air sadah dengan konsentrasi garam mineral yang lebih tinggi.

Melunakkan air keran adalah salah satu cara untuk mengurangi buih sabun dalam jangka panjang, meskipun ada beberapa cara lain untuk menghilangkan dan mencegah buih sabun menggunakan bahan alami, seperti cuka putih dan soda kue.

Menurut seorang ahli kebersihan di Bob Vila, zat kental terbentuk ketika campuran bahan yang terdapat dalam sabun mandi dan pembersih lainnya bereaksi satu sama lain.

Sementara penumpukan yang membandel dan bersisik terbentuk ketika asam lemak, bedak, dan bahan lain dalam sabun batangan bereaksi dengan mineral dalam air sadah, buih sabun juga mengandung minyak tubuh, kotoran, serpihan kulit mati, dan bakteri. 

Baca juga: 10 Cara Membuat Kamar Mandi yang Aman untuk Lansia

Seperti kebanyakan noda, semakin cepat Anda bertindak, semakin mudah menghilangkan buih sabun yang bisa menjadi hampir padat jika dibiarkan terlalu lama.

Berikut cara mengatasi bekas buih sabun di lubang pembuangan atau drainase. 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com