Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Warna Gelap Ini Bisa Menarik Nyamuk Masuk ke Rumah

Kompas.com - 01/08/2023, 20:04 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Living Etc

JAKARTA, KOMPAS.com - Nyamuk adalah hama pengganggu dan pembawa penyakit, jadi sebaiknya Anda mengusir nyamuk dari rumah sejauh mungkin. Tidak mudah mencoba mengusir nyamuk, tetapi ada tips dan trik tertentu yang dapat membantu.

Dikutip dari Living Etc, Selasa (1/8/2023), ada warna tertentu yang menarik perhatian nyamuk. Ada baiknya untuk menyadari hal ini dan menghindarinya dalam desain rumah Anda sebisa mungkin jika nyamuk terbukti menjadi masalah.

Nyamuk mengandalkan panas, gerakan, dan aroma untuk menemukan makanan dan inang karena penglihatan mereka sangat terbatas. Dengan mengingat hal itu, cobalah untuk tidak memenuhi rumah dengan warna tertentu untuk menghindari kehadiran nyamuk.

Baca juga: Cara Mengusir Nyamuk dengan Jeruk Nipis dan Cengkih

Ilustrasi kamar tidur dengan dinding warna merah.SHUTTERSTOCK/AQUARIUS STUDIO Ilustrasi kamar tidur dengan dinding warna merah.

Berikut beberapa warna yang menarik nyamuk masuk ke rumah.

1. Merah

Warna merah mudah dideteksi oleh nyamuk dan sangat menarik bagi mereka. Hal yang sama berlaku untuk warna serupa seperti merah muda cerah dan oranye, karena tidak dapat membedakan warna individu.

Nuansa khusus pada roda warna ini meniru warna kulit manusia untuk nyamuk, sehingga nyamuk secara alami tertarik padanya.

Warna-warna hangat seperti merah, oranye, dan kuning dapat menarik nyamuk karena mereka mungkin salah mengira warna ini sebagai sumber panas atau panas tubuh dari inang potensial, kata Vincent Luca, pemilik On Demand Pest Control.

Baca juga: Membakar Ampas Kopi Bisa Bantu Mengusir Nyamuk? Ini Penjelasannya

2. Biru tua

Warna gelap seperti biru tua meniru bayangan, yang lebih cenderung menyerap dan mempertahankan panas. Ini berarti nyamuk dapat dengan mudah menemukan inangnya.

Nyamuk tertarik pada warna tertentu karena cara mereka menyerap cahaya dan memancarkan panas, jelas Luca.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com