Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/05/2023, 07:59 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Musim kemarau atau cuaca panas menjadi waktu terbaik melakukan aktivitas di luar ruangan, seperti taman dan teras. 

Namun, kegiatan ini bisa terganggu oleh kehadiran nyamuk. Serangga ini bisa menggigit dan menyebabkan penyakit, seperti demam berdarah dan malaria.  

Baca juga: 7 Cara Mencegah Nyamuk Berrkembang Biak di Kolam Ikan

Untungnya, ada banyak ide perangkap pembasmi nyamuk DIY yang dapat membantu membasmi nyamuk. Perlu diingat, penting menjaga kebersihan taman dan teras untuk menghindari nyamuk.

Serangga ini tertarik pada sampah, sisa makanan, genangai air, kompos, bahkan rumput yang panjang. Jadi, singkirkan hal-hal ini dari taman dan teras.

Dilansir dari Rhythm of the Home, Senin (22/5/2023), berikut sejumlah ide perangkap pembasmi nyamuk

Perangkap Bir

Ilustrasi nyamuk.Shutterstock/Witsawat.S Ilustrasi nyamuk.
Jika nyamuk selalu mengganggu saat menikmati aktivitas di luar ruangan, letakkan gelas-gelas berisi bir di ujung taman.

Nyamuk tertarik dengan cairan berwarna keemasan dan akan tenggelam di dalamnya. Namun, perlu diingat, jika Anda atau tamu menikmati minuman ini, nyamuk juga akan tertarik pada cangkir Anda. 

Baca juga: 9 Tanaman Ini Bisa Bantu Kamu Usir Nyamuk dari Rumah

Perangkap cuka 

Cuka adalah ide perangkap pembasmi nyamuk yang sangat baik untuk rumah. Cuka tidak beracun, harganya terjangkau, dan baunya menarik semua lalat dan nyamuk.

Letakkan 59 mililiter baking soda di bagian bawah botol dan tambahkan 236 mililiter cuka. Ketika kedua bahan tercampur, gelembung karbon dioksida akan dilepaskan sehingga menarik perhatian nyamuk.

Tanaman

Tanaman tidak menjebak nyamuk, tetapi sangat efisien menghalau nyamuk. Anda bisa menanam tanaman pengusir nyamuk atau membelinya, seperti lavender, catnip, marigold, serai, atau daun bawang.

Alternatif lainnya, menyalakan lilin beraroma, yang juga dapat mengusir nyamuk, seperti lilin sereh. 

Baca juga: 7 Manfaat Minyak Kelapa untuk Rumah, Rawat Kayu hingga Usir Nyamuk

Lemon

Ilustrasi nyamuk.Shutterstock/frank60 Ilustrasi nyamuk.
Selanjutya, ide perangkap pembasmi nyamuk yang lebih mudah adalah menggunakan bahan-bahan alami yang ada di kulkas atau dapur, seperti lemon. 

Potong lemon menjadi dua bagian dan letakkan di permukaan yang jauh dari tempat memasak atau ruang tamu. Lemon secara alami akan menarik dan menangkap nyamuk meski cara ini kurang efisien dibanding metode lain dalam daftar ini. 

Baca juga: Tanaman Lidah Mertua Dapat Mengusir Nyamuk, Betulkah?

Pengusir nyamuk bubuk kopi 

Jika Anda pencinta kopi, cobalah mencoba membuat ide perangkap pembasmi nyamuk ini.  Gunakan ampas kopi kering untuk mengusir nyamuk dengan cara membakarnya.

Anda bisa meletakkan kopi di dalam mangkuk atau permukaan datar lainnya yang tidak mudah terbakar. Anda juga dapat menambahkan daun salam segar ke dalam campuran untuk efek lebih kuat. 

Baca juga: Cara Mengusir Nyamuk di Pot Tanaman Teras Rumah

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com