Kompas.com - 11/04/2021, 15:26 WIB
Ilustrasi tanaman serai. SHUTTERSTOCK/MARIE SHARKIlustrasi tanaman serai.

JAKARTA, KOMPAS.com — Nyamuk menjadi salah satu hama yang sebaiknya segera diusir dari rumah. Karena selain menyebabkan gatal, nyamuk juga bisa mendatangkan penyakit bagi manusia.

Sebenarnya, kamu bisa saja mengusir nyamuk dengan obat nyamuk yang mengandung bahan kimia atau lotion anti nyamuk.

Namun hal ini bisa berbahaya bila digunakan setiap hari, terlebih bila kamu memiliki anak dan juga hewan peliharaan.

Baca juga: Cara Menanam Serai di Halaman Rumah, Bisa Cegah Nyamuk

Ada cara lain yang bisa kamu coba, yakni mengusir nyamuk dengan cara yang alamiah yakni, menanam tanaman dalam rumah, maupun di sekitar hunian.

Untuk kamu yang ingin mencoba mengusir nyamuk dengan tanaman, berikut 10 tanaman yang efektif usir nyamuk seperti dilansir dari DIY & Crafts, Minggu (11/4/2021).

1. Sereh atau serai

Tanaman serai atau Citronella adalah tanaman pengusir nyamuk terbaik nomor satu. Tanaman ini sering digunakan sebagai bahan alami dalam semprotan pengusir nyamuk komersial, lilin, dan produk lainnya.

Sereh memiliki aroma khas yang segar dan menyenangkan bagi manusia, namun tak disukai oleh nyamuk.

Baca juga: Tips Bebaskan Rumah dari Nyamuk Saat Musim Hujan

Bentuknya yang seperti rumput, namun besar, bisa sekaligus menjadi hiasan di kebun berdampingan dengan tanaman yang lain.

Kamu juga bisa memanen sereh, untuk kemudian diletakkan di dalam ruangan dengan secangkir air, atau air dalam vas, agar nyamuk semakin ogah masuk ke dalam rumah.

2. Lavender

Bunga lavender dikenal memiliki aroma yang menenangkan.

Tanaman ini sangat terkenal sebagai pengusir nyamuk yang efektif dan seringkali digunakan sebagai campuran pengusir nyamuk komersial.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X