Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Warna yang Disukai Nyamuk, Jangan Gunakan di Rumah

Kompas.com - 31/05/2023, 11:52 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Nyamuk adalah salah satu hama serangga yang mengganggu di rumah. Selain menyebabkan gigitan yang mengganggu, nyamuk juga bisa menyebarkan penyakit.

Mengetahui cara membasmi nyamuk lebih dari sekadar menghilangkan genangan air dan menggunakan pengusir nyamuk yang tepat. Para ahli menyatakan bahwa warna-warna tertentu memengaruhi aktivitas nyamuk di rumah.

Jadi, jika nyamuk adalah masalah di rumah, sebaiknya catat warna yang disukai nyamuk, sehingga Anda dapat menghindarinya agar tidak menarik perhatian nyamuk.

Baca juga: 4 Warna yang Tidak Disukai Nyamuk, Terapkan di Rumah

Ilustrasi nyamuk, tangan digigit nyamuk. SHUTTERSTOCK/KWANGMOOZAA Ilustrasi nyamuk, tangan digigit nyamuk.

Nyamuk memiliki mata majemuk, artinya penglihatan mereka jauh lebih buruk daripada manusia.

Seperti kebanyakan serangga, nyamuk memandang dunia dalam bentuk dan warna yang buram, bukan gambar yang tajam dan mendetail, jelas Emma Grace Crumbley, entomolog di Mosquito Squad, dikutip dari Homes & Gardens, Rabu (31/5/2023).

Menurut dia, nyamuk bergantung pada faktor lain seperti karbon dioksida, panas, pergerakan, dan aroma untuk menavigasi penerbangannya dan menemukan inang serta sumber makanan.

Berikut ini beberapa warna yang disukai nyamuk dan sebaiknya dihindari penggunaannya di rumah.

Baca juga: 7 Ide Membuat Perangkap Pembasmi Nyamuk di Rumah

1. Hitam

Ide ruang tamu hitam dan putih mungkin tampak estetik, tetapi juga memiliki daya tarik bagi nyamuk. Sholom Rosenbloom, pemilik Rosenbloom Pest Control, berpendapat bahwa daya tarik nyamuk berasal dari kebutuhannya untuk menghindari sinar matahari langsung.

Pasalnya, paparan sinar matahari yang terlalu lama dapat menyebabkan dehidrasi dan kematian dini nyamuk. Inilah sebabnya kita lebih sering melihat nyamuk saat senja dan faja, karena matahari mengancam mereka, ungkap Rosenbloom.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com