Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Mengatur Freezer

Kompas.com - 01/08/2023, 16:52 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Freezer menjadi tempat menyimpan dan mengawetkan berbagai bahan makanan, dari daging, ikan, es krim, keju, buah, hingga makanan yang sudah matang.

Selain itu, menggunakan dan mengatur freezer secara efisien adalah cara terbaik mengurangi limbah makanan serta menghemat pengeluaran.  

Baca juga: Setelah Dicairkan, Bolehkah Daging Sapi Disimpan Kembali di Freezer?

Namun, kondisi ini membuat freezer selalu penuh dan rentan berantakan, bahkan berbau tak sedap. Biasanya, kekacauan ini tak lain berasal dari bahan makanan yang disimpan di freezer. 

Misalnya, ada beberapa makanan yang sudah kedaluwarsa masih terus disimpan, makanan yang sudah tidak lagi konsumsi masih berada di freezer, serta cairan dari makanan yang berceceran, sepeti ikan dan daging, sehingga menimbulan bau tak sedap. 

Maka itu, perlu membersihkan mengatur freezer dengan baik agar bebas bau dan tetap teratur. Namun, mengatur freezer akan lebih mudah apabila Anda mengetahui cara menghindari kesalahan-kesalahan umum dalam mengaturnya. 

Nah, dilansir dari Apartement Theraphy, Selasa (1/8/2023), berikut sejumlah kesalahan yang sering dilakukan saat mengatur freezer. 

Baca juga: Cara Menyimpan Strawberry di Kulkas dan Freezer agar Tahan Lama

Membiarkan freezer terlalu hangat 

Ilustrasi freezer, menyimpan makanan di freezer.SHUTTERSTOCK/GRAHAM HUGHES Ilustrasi freezer, menyimpan makanan di freezer.
Hangat adalah kebalikan dari apa yang diinginkan freezer, tetapi semuanya bisa memanas jika Anda tidak mengatur freezer ke suhu tepat atau terlalu sering membuka dan menutupnya. 

Pastikan mengatur freezer ke pengaturan serendah mungkin dan berpikir sejenak sebelum membukanya. Apakah ingin mengambil daging atau es krim Dengan demikian, freezer tidak terlalu lama terbuka. 

Freezer terlalu penuh atau kosong

Freezer tidak boleh terlalu penuh dan kosong, tapi terisi dengan tepat. Pada dasarnya, jika terlalu kosong, freezer harus bekerja lebih keras menjaga semua makanan tetap beku. 

Apabila terlalu penuh, udara tidak akan bersirkulasi baik yang dapat membebani kondensor dan mempersulit menjaga semua makanan tetap beku. 

Baca juga: Cara Menyimpan Mentimun di Kulkas dan Freezer agar Tetap Segar

Tidak membungkus makanan dengan benar 

Selanjutnya, kesalahan yang sering dilakukan saat mengatur freezer adalah tidak membungkus makanan dengan benar.

Dalam hal membungkus makanan sisa, ada dua kesalahan umum yang sering dilakukan orang.

Pertama, gagal mengeluarkan semua udara dari kantong zip-top. Ini berarti freezer hangus. Kedua, mengisi wadah terlalu banyak tanpa menyisakan ruang bagi makanan untuk mengembang. 

Baca juga: Cara Menyimpan Lemon di Freezer agar Kesegarannya Terjaga

Menunggu terlalu lama membekukan makanan 

Ilustrasi freezer.Shutterstock/PJjaruwan Ilustrasi freezer.
Menunggu terlalu lama memasukkannya ke freezer menjadi salah satu kesalahan yang sering dilakukan saat mengatur freezer. 

Hal ini tidak hanya mengurangi umur simpan makanan, tapi membuat freezer kosong yang tidak boleh dilakukan. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com