Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Penyebab Kulkas Mengeluarkan Suara Bising dan Cara Mengatasinya

Kompas.com - 28/07/2023, 08:06 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak ada kulkas atau lemari es yang benar-benar sunyi atau tidak bersuara sama sekali.

Ketika bekerja, kulkas akan mengeluarkan suara dengungan motor kompresor secara berkala saat siklusnya hidup dan mati untuk menjaga zat pendingin tetap mengalir melalui koil.

Baca juga: Haruskah Menyimpan Apel di Kulkas agar Tetap Renyah?

Kulkas juga mengeluarkan suara menggelegak yang berasal dari koil saat kompresor atau kondensor bekerja. Hal itu biasanya merupakan turbulensi normal yang mengalir melalui refrigeran cair.

Faktanya, kulkas mengeluarkan sejumlah suara normal, seperti dengungan, tetesan, desisan, bunyi klik, dan gemerincing. Semua suara ini sangat pelan sehingga Anda hampir tidak menyadarinya.

Namun, ketika mendengar suara yang luar biasa keras, air mengalir atau motor keras, ini kemungkinan kulkas bermasalah serta tidak dapat menjaga makanan tetap dingin. 

Nah, dilansir dari Hunker, Jumat (28/7/2023), berikut sejumlah penyebab kulkas mengeluarkan suara bising dan mengatasinya. 

Baca juga: 9 Kesalahan Menyimpan Makanan di Kulkas yang Harus Dihindari

Kompresor dan kipas kompresor 

Ilustrasi kulkas, ilustrasi mengatur kulkas.Shutterstock/Anna Om Ilustrasi kulkas, ilustrasi mengatur kulkas.
Saat mendengar siklus kulkas menyala, itu berarti kompresor sedang dinyalakan. Tugas kompresor adalah memberi tekanan pada refrigeran dalam koil kompresor sehingga akan menyemprot melalui lubang di koil penguapan dan berubah menjadi gas. Itulah yang memberikan pendinginan pada kulkas.

Kompresor adalah motor listrik. Meski pabrikan mendesainnya tidak bersuara, kompresor tetap mengeluarkan dengungan yang dapat didengar. Kipas yang mendinginkan kondensor menambah dengungan tersebut.

Apabila kompresor mengeluarkan lebih dari sekadar bunyi dengungan, misalnya, bunyi gemerincing keras atau bunyi berdengung atau gerinda, itu berarti kompresor bekerja terlalu keras. Penyebabnya biasanya karena segel yang sudah aus. 

Baca juga: Cara Memperbaiki Pintu Kulkas yang Tidak Rapat

Itu bukan suara yang bagus didengar karena biasanya berarti kompresor atau sistem pendingin harus dibangun kembali atau Anda memerlukan kulkas baru.

Panggil ahli peralatan berlisensi untuk memperbaiki. Memperbaiki kulkas sendiri tanpa pengetahuan hanya akan membuat peralatan semakin rusak. 

Jika mendengar suara berderak keras dari bagian belakang kulkas, kipas kompresor mungkin longgar atau rusak. Sebaiknya, tarik kulkas dari dinding dan lihatlah.

Jika ternyata baling-baling kipasnya longgar atau patah, Anda dapat memperbaikinya sendiri. 

Baca juga: Cara Menyimpan Daun Bawang di Kulkas agar Tidak Berlendir

Suara tetasan dari refrigran 

Ilustrasi kulkas, menyimpan makanan di kulkas.SHUTTERSTOCK/MAKESTORY STUDIO Ilustrasi kulkas, menyimpan makanan di kulkas.
Selanjutnya, penyebab kulkas mengeluarkan suara bising adalah refrigran. Suara tetesan yang keluar dari kulkas bisa membingungkan, tetapi biasanya normal.

Refrigeran dapat mengeluarkan suara tersebut saat kompresor berhenti dan refrigeran mengalir mundur di dalam gulungan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com