Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Barang yang Harus Disingkirkan dari Meja Nakas untuk Tidur Nyenyak

Kompas.com - 19/07/2023, 08:00 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidur merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi setiap manusia. Pasalnya, tidur tak hanya bermanfaat memulihkan energi setelah beraktivitas, tapi juga menjaga kesehatan fisik dan mental. 

Kurang tidur dapat berdampak buruk pada kesehatan jantung, ginjal, meningkatkan atau menurunkan tekanan darah, dan membuat mudah marah. 

Baca juga: 8 Cara Mencegah Kamar Tidur Bau Apek, Mudah Dilakukan

Namun, memperoleh tidur malam yang berkualitas atau minimal enam jam sulit dicapai. Ada sejumlah hal yang menyebabkan orang sulit tidur, bahkan berkualitas, seperti rasa gelisah yang berlebihan, tetangga yang berisik, dan hewan peliharaan yang banyak menuntut.

Selain hal-hal di atas, rupanya beberapa barang yang disimpan di kamar tidur, khususnya meja nakas atau meja samping tempat tidur, dapat berkontribusi atau membuat sulit tidur. 

Maka itu, perlu mengetahui barang-barang apa saja yang tidak boleh disimpan di meja nakas. 

Dilansir dari Apartment Therapy, Rabu (19/7/2023), sejumlah ahli tidur membagikan barang yang harus disingkirkan dari meja nakas untuk meningkatkan kualitas tidur seperti berikut ini. 

Baca juga: 5 Langkah Sederhana Merapikan Meja Nakas Kamar Tidur

Buku

Ilustrasi meja nakas, meja samping tempat tidur. SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi meja nakas, meja samping tempat tidur.
Membaca sebelum tidur adalah ritual menenangkan yang dapat membuat beberapa orang untuk tidur.

Namun, buku bacaan menjadi barang yang harus disingkirkan dari meja nakas karena dapat membuat pikiran Anda terlalu sibuk.

Segelas air putih

Shelby Harris, psikolog klinis berlisensi dan Direktur Kesehatan Tidur di Sleepopolis, mengatakan menyimpan segelas air putih di meja nakas dapat mencegah Anda dari keharusan untuk bangun di tengah malam, tapi ini juga semakin mengganggu tidur Anda jika terbangun dalam keadaan haus. 

Untuk menghindari keharusan bangun untuk ke kamar mandi, minum cukup air dan pergi ke kamar mandi sebelum tidur. 

Baca juga: 7 Barang yang Bisa Bikin Kamar Tidur Kecil Tampak Besar dan Luas

 

Ponsel 

Selanjutnya, barang yang harus disingkirkan dari meja nakas adalah ponsel dan perangkat elektronik lainnya seperti laptop. 

"Sebaiknya Anda memiliki tempat khusus untuk meletakkan benda-benda yang mengganggu tidur, seperti ponsel dan tablet," kata Harris.

Cobalah menyimpan perangkat di tempat yang tidak terlihat guna menghindari godaan menggunakannya pada larut malam dan menghindari paparan sinar biru yang dapat membuat sulit tidur. 

Menjauhkan diri dari teknologi juga mencegah Anda terjebak dalam percakapan. "Tanpa bunyi bip, dengungan, dan cahaya biru dari teknologi akan lebih mudah untuk rileks dan terlelap," tambah Robert Pagano, salah satu pendiri Sleepline. 

Baca juga: 7 Benda yang Harus Ada di Meja Nakas Samping Tempat Tidur

Jurnal

Ilustrasi meja nakas di samping tempat tidur.PEXELS/MAX VAKHTBOVYCH Ilustrasi meja nakas di samping tempat tidur.
Menulis di jurnal rasa syukur sebelum tidur dapat menjadi ritual menenangkan diri. Namun, jurnal atau buku catatan menjadi barang yang harus disingkirkan dari meja nakas.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com