Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Tanaman Sayur yang Tumbuh Cepat, Bisa Hemat Pengeluaran

Kompas.com - 12/05/2023, 08:49 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman sayur menjadi pilihan tanaman yang banyak ditanam di kebun rumah. Hal ini tak lain karena tanaman sayur memberikan banyak manfaat, seperti bisa dikonsumsi, menghasikan sayuran lebih sehat, dan menghemat pengeluaran dapur. 

Jika ingin memulai kebun sendiri dengan tanaman sayur yang dapat dimakan, Anda harus tahu bahwa waktu adalah segalanya. 

Baca juga: 8 Tanaman Sayur dan Buah yang Tumbuh di Air, Apa Saja?

Lebih khusus lagi, memilih tanaman sayur yang tumbuh paling cepat untuk memastikan  memiliki pasokan sayuran segar yang stabil dan membuat Anda lebih sibuk. 

Nah, dilansir dari Rhythm of the Home, Jumat (12/5/2023), berikut sejumlah tanaman sayur yang tumbuh cepat.

Selada

Ilustrasi selada hidroponik, menanam selada hidroponik. SHUTTERSTOCK/BANKRX Ilustrasi selada hidroponik, menanam selada hidroponik.
Selada adalah tambahan yang indah untuk kebun. Tanaman yang lezat dan semarak ini harus ada dalam daftar pilihan tanaman sayur karena selada akan terus tumbuh sepanjang musim dan mudah memotong daunnya.

Sebaiknya, memotong maksimal sepertiga daun sekaligus dan Anda bisa memanennya setiap minggu sampai melihat pertumbuhan yang lebih lambat, bahkan mekar. Diperlukan waktu sekitar 45 hari bagi selada untuk tumbuh sejak menabur benih. 

Baca juga: 7 Tanaman Sayur Ini Tidak Boleh Ditanam Bersama, Kenapa?

Bayam

Bayam juga menjadi tanaman sayur yang tumbuh cepat. Bayam tumbuh dari biji, tetapi Anda harus menanamnya di tempat teduh dan tetap terairi dengan baik.

Hal ini karena sinar matahari yang kuat akan membuat daun bayam menjadi pahit. Namun, sisi baiknya, jika menanam bayam, Anda dapat menikmati sayuran segar sampai musim dingin pertama.

Lobak

Tanaman lobakShutterstock/thala bhula Tanaman lobak
Beberapa varietas lobak memiliki akar dan daun yang lezat, jadi lobak adalah makanan pokok di kebun.

Lobak juga membutuhkan perawatan rendah dan tidak terlalu mempermasalahkan suhu. Dengan kata lain, Anda bisa menanam tanaman sayur lobak sepanjang musim tanam. Namun, panen tanaman lobak saat masih muda untuk mendapatkan rasa dan kesegaran terbaik. 

Baca juga: Mudah, Begini Cara Menanam Tanaman Sayur yang Cepat Panen

Daun bawang 

Tumbuh hanya dalam 30 hari, daun bawang adalah tambahan yang sangat baik untuk kebun. Tanaman sayur yang cepat tumbuh ini sering ditanam tepat sebelum embun beku terakhir pada musim semi dan ditanam dari bibit.

Akan sangat membantu jika Anda selalu memanen daun bawang saat masih muda dan segar untuk mendapatkan tambahan lezat untuk makanan Anda. 

Baca juga: 8 Sayuran yang Bisa Disimpan di Freezer dan Caranya

Wortel mini 

Sama dengan daun bawang, wortel mini atau baby wortel juga menjadi tanaman sayur yang cepat tumbuh dalam waktu sekitar 30 hari.

Manfaat lainnya adalah Anda dapat menanam wortel ini beberapa kali sepanjang musim, terutama wortel cukup tahan terhadap suhu dingin, bahkan embun beku. Namun, sebelum mengonsumsinya, cuci wortel sampai bersih. 

Buncis

ilustrasi tanaman buncisShutterstock/ukir visual ilustrasi tanaman buncis
Dibutuhkan sekitar dua bulan bagi buncis untuk tumbuh dari biji hingga panen. Anda juga dapat menanam buncis di dalam pot atau langsung ke tanah selama musim panas.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com