Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/11/2021, 18:45 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada banyak jenis tanaman yang bisa ditanam di kebun atau halaman rumah, salah satunya tanaman sayur. Menanam aneka tanaman sayur di rumah memiliki sejumlah manfaat.

Tanaman sayur tidak hanya mempercantikan halaman dan memberi kesegaran, tapi juga dapat diolah menjadi masakan atau dikonsumsi ketika panen. Tentu saja, hal ini dapat menghemat uang belanja Anda. 

Baca juga: 5 Tanaman Buah dan Sayur yang Bisa Ditanam di Rumah

Selain itu, tanaman sayur juga minim perawatan. Anda hanya cukup memberikan kebutuhan sinar matahari, air dan waktu yang cukup, serta sedikit organisasi dan kreativitas.

Namun, terkadang lahan atau kebun yang kecil bisa membuat menanam tanaman sayur cukup rumit.

Melansir dari My Decorative, Kamis (18/11/2021), berikut tiga tips menanam tanaman sayur di kebun kecil.   

Baca juga: 6 Tanaman Sayur dan Buah yang Mudah Ditanam 

Pilih sayuran yang tepat

Ilustrasi menanam sayuran bok choy. SHUTTERSTOCK/CREATIVEFIRESTOCK Ilustrasi menanam sayuran bok choy.
Tips pertama menanam tanaman sayur di kebun kecil adalah memilih sayuran yang tepat. Anda bisa memilih daun selada karena tanaman yang paling mudah ditanam dan sangat sehat.

Tanaman daun selada mudah dipanen serta datang dalam varietas berbeda seperti lobak, kangkung, dan sawi sehingga cocok untuk menjalani gaya hidup sehat dan mencoba menambahkan lebih banyak sayuran ke dalam makanan Anda. 

Baca juga: 5 Tanaman Sayur yang Mudah Ditanam di Halaman Rumah

Satu lagi yang bagus adalah tomat ceri. Tomat ini memiliki rasa yang enak dan mudah ditanam dalam wadah sehingga membuatnya sempurna untuk taman kecil, bahkan balkon.

Selain itu, ada rempah-rempah yang dapat dimakan seperti rosemary, basil, mint, atau ketumbar juga bagus untuk di kebun kecil serta mudah dirawat. 

Apabila suka memanen sayuran yang lebih besar, Anda bisa menanam asparagus, daun bawang, kubis brussel, bahkan labu. 

Baca juga: Kebutuhan Sinar Matahari yang Diperlukan Tanaman Sayur dan Buah

Memanfaatkan ruang vertikal

Ilustrasi taman vertikalUnsplash/Markus Spiske Ilustrasi taman vertikal
Memanfaatkan ruang vertikal untuk menanam tanaman sayur jelas dapat menghemat lahan. Anda dapat menempelkan penanam ke dinding dan pagar. 

Namun, pastikan penyangga cukup kuat karena beberapa sayur memiliki bobot sangat berat. Hal ini mungkin tampak rumit, tapi ada banyak tips membuat sayuran tumbuh secara vertikal. 

Baca juga: Sering Dibuat Sayur, Ini 5 Manfaat Tanaman Kailan bagi Kesehatan

Anda bisa menggunakan A-frame atau berinvestasi pada dinding yang hidup meski memiliki harga agak mahal, tetapi bisa menghemat banyak ruang dan cukup mudah dirawat.

Jika kebun cukup besar, sebaiknya berinvestasi di rumah kaca kecil atau polytunnel untuk menjaga buah dan sayuran tetap aman serta membantu mereka tumbuh.

Hal ini juga membantu Anda mengontrol suhu, kelembapan, serta ventilasi lingkungan bagi tanaman. 

Baca juga: Amankah Menggunakan Minyak Sayur Sebagai Insektisida Alami?

Tata secantik mungkin 

Sepetak sayuran dapat dengan cepat terlihat berantakan dan membosankan, terutama jika hanya berkonsentrasi menanam tanaman sayur.

Jangan lupa bahwa di taman kecil, setiap permukaan diperhitungkan. Jadi, pilihlah bunga berwarna-warni dan dekorasi unik.  

Baca juga: Sering Dibuat Sayur, Ini 5 Manfaat Tanaman Kailan bagi Kesehatan

Jika kebun memiliki cukup ruang, Anda bisa menambahkan kolam air kecil untuk tempat hidup makhluk hidup lainnya seperti ikan, selada air, atau eceng gondok.

Anda bisa membuat kolam mini dengan bak daur ulang. Letakkan bangku kayu yang cantik jika ruang memungkinkan untuk menambahkan sedikit sentuhan perdesaan sekaligus tempat bersantai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com