Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tanaman Pohon yang Cocok Diletakkan di Dalam Ruangan

Kompas.com - 27/04/2023, 12:40 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman memiliki potensi besar dalam hal dekorasi interior dan beberapa orang menganggap varietas yang lebih besar, seperti tanaman pohon, memiliki dampak lebih besar.

Tanaman besar menciptakan kesan "hutan ajaib" yang cocok untuk ruang keluarga manampun. 

Baca juga: 5 Pohon Palem yang Cocok Diletakkan di Dalam Ruangan

Selain itu, tanaman pohon dapat digunakan untuk membuat pernyataan berani serta membutuhkan lebih banyak perawatan dan investasi awal dibanding tanaman biasa.

Ada banyak tanaman pohon dalam ruangan yang populer dan bisa dipertimbangkan untuk mencerahkan ruang hidup dan menambahkan sentuhan kesegaran hijau.

Penting memilih tanaman pohon yang dikenal tumbuh baik di dalam ruangan. Beberapa varietas mungkin tumbuh terlalu besar untuk ruangan lebih kecil, jadi perlu hati-hati memilihnya. 

Tanaman pohon memiliki kemampuan mengatur suasana hati di sebuah ruangan dan berhasil diterapkan dalam berbagai gaya desain interior.

Nah, dilansir dari Rhythm of the Home, Kamis (27/4/2023), berikut sejumlah tanaman pohon yang cocok diletakkan di dalam ruangan.  

Baca juga: 7 Bagian Pohon Pisang yang Bisa Bermanfaat untuk Tanaman

Pohon naga 

Ilustrasi tanaman hias dragon tree.Shutterstock/Grumpy Cow Studios Ilustrasi tanaman hias dragon tree.
Dengan daun yang kaku dan runcing, pohon naga adalah salah satu tanaman hias besar yang terlihat indah di dalam ruangan.

Anda dapat menempatkan satu tanaman atau beberapa tanaman dalam satu pot jika ingin memaksimalkan efek visualnya.

Pohon dalam ruangan ini menyukai sinar matahari sedang, sementara terlalu banyak naungan dapat memperlambat proses pertumbuhannya.

Penting menjaga keseimbangan karena pohon naga tidak dapat menerima sinar matahari langsung karena dapat membakar daunnya.

Tanaman ini dapat tumbuh cukup besa, bahkan lebih dari tiga meter. Namun, perlu diingat, tanaman ini tidak tumbuh lurus secara vertikal.

Tanaman pohon naga dapat memberikan kesan modern abad pertengahan, tapi bisa dipadukan dengan dekorasi apa pun tanpa terlalu banyak kesulitan. 

Baca juga: Cara Mengatasi Pohon Pisang Layu dengan Garam dan Deterjen

Fiddle leaf fig

Selanjutnya, tanaman pohon yang cocok diletakkan di dalam ruangan adalah fiddle leaf fig atau pohon ara daun biola.

Dalam hal daya tarik visual, Anda tidak akan kecewa dengan daun berbentuk biola yang lebar dan cerah yang memberikan suasana hutan ke ruang keluaraha mana pun.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com