Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membersihkan Alat Grill Setelah Acara Tahun Baru

Kompas.com - 31/12/2022, 21:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Acara pergantian tahun kerap diisi dengan memanggang atau membakar daging dengan alat grill. Namun demikian, setelah kegiatan membakar daging dan menyantapnya bersama keluarga dan sahabat, alat grill atau alat panggang dalam kondisi kotor.

Dikutip dari Food & Wine, Sabtu (31/12/2022), penting untuk membersihkan panggangan setelah digunakan. Itu berarti membersihkan partikel makanan dari kisi-kisi serta membersihkan sikat panggangan atau pengikis.

Tergantung pada jenis alat grill yang Anda miliki, perawatan rutin yang diperlukan mungkin berbeda. Untuk membersihkan grill gas, Anda harus mengosongkan panci tetes setiap saat.

Baca juga: Alat Grill Arang Vs Gas, Mana yang Sebaiknya Dipilih untuk Tahun Baru?

Ilustrasi grill gas portable. SHUTTERSTOCK/PHOTOMAVENSTOCK Ilustrasi grill gas portable.

Adapun untuk grill arang, pastikan untuk menyikat sisa arang dan abu setelah dingin untuk mencegah penumpukan yang menghalangi ventilasi panggangan.

Setelah membakar daging, selalu pastikan untuk melakukan beberapa hal berikut. Pertama, panaskan panggangan dengan pengaturan tinggi selama minimal 15 menit untuk mengkarbonisasi sisa makanan.

Selagi panas, kikis semua sisa makanan dari kisi-kisi menggunakan pengikis logam, pengikis kayu, atau sikat panggangan untuk menggosok dari setiap sudut.

Akhiri dengan mengelap kisi-kisi dengan tisu dapur yang dibasahi minyak menggunakan penjepit. Penting untuk membumbui kisi-kisi, mencegah lengket di lain waktu, dan menangkal karat.

Baca juga: Mau Beli Panci Grill? Ini 5 Hal yang Harus Diperhatikan

Berikut beberapa cara membersihkan alat grill setelah acara tahun baru untuk mencegah terjadinya karat dan kerusakan, sehingga dapat digunakan lagi di lain waktu.

Cara membersihkan alat grill setelah digunakan

Dikutip dari Home Guides SF Gate, panggangan harus dibersihkan secara mendalam beberapa kali dalam setahun jika sering digunakan. Akan tetapi, menurut Taste of Home, membersihkan grill setelah digunakan adalah hal yang penting.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com