Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Membersihkan Alat Grill Setelah Acara Tahun Baru

JAKARTA, KOMPAS.com - Acara pergantian tahun kerap diisi dengan memanggang atau membakar daging dengan alat grill. Namun demikian, setelah kegiatan membakar daging dan menyantapnya bersama keluarga dan sahabat, alat grill atau alat panggang dalam kondisi kotor.

Dikutip dari Food & Wine, Sabtu (31/12/2022), penting untuk membersihkan panggangan setelah digunakan. Itu berarti membersihkan partikel makanan dari kisi-kisi serta membersihkan sikat panggangan atau pengikis.

Tergantung pada jenis alat grill yang Anda miliki, perawatan rutin yang diperlukan mungkin berbeda. Untuk membersihkan grill gas, Anda harus mengosongkan panci tetes setiap saat.

Adapun untuk grill arang, pastikan untuk menyikat sisa arang dan abu setelah dingin untuk mencegah penumpukan yang menghalangi ventilasi panggangan.

Setelah membakar daging, selalu pastikan untuk melakukan beberapa hal berikut. Pertama, panaskan panggangan dengan pengaturan tinggi selama minimal 15 menit untuk mengkarbonisasi sisa makanan.

Selagi panas, kikis semua sisa makanan dari kisi-kisi menggunakan pengikis logam, pengikis kayu, atau sikat panggangan untuk menggosok dari setiap sudut.

Akhiri dengan mengelap kisi-kisi dengan tisu dapur yang dibasahi minyak menggunakan penjepit. Penting untuk membumbui kisi-kisi, mencegah lengket di lain waktu, dan menangkal karat.

Berikut beberapa cara membersihkan alat grill setelah acara tahun baru untuk mencegah terjadinya karat dan kerusakan, sehingga dapat digunakan lagi di lain waktu.

Cara membersihkan alat grill setelah digunakan

Dikutip dari Home Guides SF Gate, panggangan harus dibersihkan secara mendalam beberapa kali dalam setahun jika sering digunakan. Akan tetapi, menurut Taste of Home, membersihkan grill setelah digunakan adalah hal yang penting.

Karsinogen menumpuk di kisi-kisi, dan kelebihan lemak serta kotoran membuat makanan terasa tidak enak dan menambah waktu memasak.

Metode pembersihan dapat sedikit berbeda tergantung pada jenis alat grill. Food & Wine merekomendasikan untuk mengosongkan panci tetes pada grill gas setelah setiap kali digunakan.

Untuk membersihkan grill arang, sikat batu bata dan abu setelah didinginkan untuk mencegah flare-up dan menghalangi ventilasi grill.

Kemudian, panaskan grill dengan suhu tinggi selama 15 menit untuk mengarbonisasi sisa makanan yang tersisa. Kikis semuanya dari kisi-kisi dengan sikat panggangan, pengikis kayu atau pengikis logam, gosok dari setiap sudut.

Terakhir, rendam tisu dapur dalam minyak, ambil dengan penjepit dan sapukan di atas kisi untuk melapisinya. Membersihkan grill gas setelah digunakan dan grill arang dengan cara ini akan menambah rasa pada makanan.

Cara membersihkan alat grill dengan cuka

Bahkan jika Anda berhati-hati dalam membersihkan kisi-kisi setelah digunakan, penting untuk melakukan pembersihan secara menyeluruh sesekali. Airtasker merinci cara membersihkan panggangan dengan cuka, dan ternyata tidak sesulit yang Anda kira.

Saat kisi-kisi sudah dingin, keluarkan dan masukkan ke dalam kantong plastik besar atau kantong sampah. Selanjutnya, tuangkan secangkir cuka putih ke dalam mangkuk besar, campurkan setengah cangkir soda kue.

Anda perlu menuangkan campuran ini ke dalam kantong, memastikan bahwa kisi-kisi tertutup seluruhnya. Biarkan tas semalaman dan bilas minyak yang sudah lepas dengan air.

Pembilasan ini bisa berantakan, jadi pastikan untuk melakukannya di bak cuci piring dan jangan menyalakan air terlalu tinggi. Bersihkan sisanya dengan sikat panggangan.

Cara membersihkan alat grill tanpa kuas atau sikat

Beberapa orang tidak menyukai sikat karena bulunya bisa rontok dan masuk ke dalam makanan. Anda dapat menggunakan aluminium foil untuk membersihkan alat grill. 

Gulung aluminium foil, pegang erat-erat dengan penjepit panggangan dan gosok.

Cara membersihkan panggangan lainnya adalah dengan menggunakan bawang. Bawang mengandung enzim asam yang memecah lemak, sehingga memiliki sifat pembersih panggangan.

Untuk membersihkan alat grill menggunakan bawang, Anda harus memotongnya menjadi dua, menusuknya dengan garpu barbekyu, dan menggunakan ujung potongannya untuk menggosok kisi-kisi.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/12/31/210000876/cara-membersihkan-alat-grill-setelah-acara-tahun-baru

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke