Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/12/2022, 07:14 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada saat di mana kita lupa ada nasi di dalam rice cooker. Ketika teringat, nasi di rice cooker sudah basi dan berjamur.

Nah, bagaimana cara membersihkan rice cooker berisi nasi basi? Dikutip dari Home Cook World, Selasa (13/12/2022), berikut penjelasannya.

Pertama, penting untuk mengetahui cara membersihkan rice cooker berisi nasi basi dengan benar. Karena jika Anda melakukan cara yang salah, Anda dapat merusak panci rice cooker.

Baca juga: Cara Menentukan Ukuran Rice Cooker agar Tidak Salah Beli

Ilustrasi rice cooker. SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi rice cooker.

Panci rice cooker memiliki lapisan antilengket yang membuat nasi tidak lengket. Lapisan itu adalah polytetrafluoroethylene (PTFE), seperti wajan antilengket.

Jika Anda menggunakan garpu atau sendok logam untuk mengeluarkan nasi, maka panci rice cooker akan tergores dengan mudah.

Pegang kantong plastik di bukaan panci rice cooker. Kemudian, miringkan panci hingga terbalik dan buang nasi basi sebanyak yang Anda bisa.

Sebagian nasi akan tersangkut di panci rice cooker. Gunakan sarung tangan pembersih untuk menghilangkannya atau tutupi tangan Anda dengan kantong plastik lain.

Baca juga: Kenapa Nasi Gosong di Rice Cooker? Penyebab dan Solusinya

Sekarang setelah Anda membuang nasi, saatnya membersihkan panci rice cooker. Anda perlu menggunakan spons cuci piring untuk melakukan ini.

Anda dapat mencoba membersihkan spons setelah digunakan, tetapi lebih baik membuangnya begitu Anda selesai dengan langkah ini. Basahi spons dengan air panas dan sabun cuci piring dan bersihkan jamur dari panci rice cooker dengannya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com