Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/10/2022, 18:44 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Lacademie

JAKARTA, KOMPAS.com - Rice cooker adalah peralatan elektronik rumah tangga yang pastinya akrab dalam kehidupan sehari-hari kita. Rice cooker memudahkan untuk menanak dan menghangatkan nasi, mudah digunakan, serta memungkinkan kita memasak nasi yang empuk dan sempurna sepenuhnya tanpa pengawasan.

Selain itu, dikutip dari Lacademie, Rabu (12/10/2022), rice cooker memiliki fitur "warm" atau menghangatkan yang menurut banyak pengguna praktis. Ini juga mencegah memasak nasi terlalu lama dan membantu Anda menyiapkan nasi untuk hidangan berikutnya.

Ini juga berguna bagi mereka yang memiliki kulkas yang penuh sesak untuk menyimpan nasi atau mereka yang mencoba mengurangi berat total kulkas karena alasan keamanan. 

Baca juga: Kami Mencoba: Efektifkah Membersihkan Rice Cooker dengan Cuka?

Ilustrasi rice cooker. Shutterstock/Luis Echeverri Urrea Ilustrasi rice cooker.

Dengan demikian, jangan heran jika ada orang yang bersikeras menyimpan nasi di rice cooker daripada menyimpannya di kulkas atau freezer.

Namun, berapa lama nasi bisa disimpan di rice cooker? Berikut penjelasannya.

Cara kerja rice cooker

Rice cooker berbahan stainless steel berkualitas tinggi sudah umum di pasaran, dan banyak orang lebih menyukainya karena daya tahan dan kualitasnya.

Setelah Anda menghidupkan perangkat, elemen pemanas menghasilkan panas, yang ditransfer ke mangkuk memasak.

Baca juga: Cara Merawat Panci Rice Cooker agar Tidak Cepat Mengelupas

Okeh sebab itu, Anda perlu mengingat rasio air dan nasi yang tepat yang dimasak dalam rice cooker. Saat suhu naik, air di bagian bawah mencapai suhu maksimum, yang menyebabkan penguapan.

Kemudian, beras menyerap sisa air, tetapi termostat mencegah suhu naik dan membakarnya. Sebaliknya, butiran beras dimasak pada suhu yang sama sampai tidak ada air yang tersisa di mangkuk.

Halaman:
Sumber Lacademie
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com