Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Beli Panci Grill? Ini 5 Hal yang Harus Diperhatikan

Kompas.com - 18/10/2022, 09:29 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Grill pan, panci panggangan, atau panci grill adalah peralatan masak yang digunakan untuk memanggang makanan menggunakan kompor kompor. Panci grill dibuat untuk mensimulasikan proses memanggang untuk memasak berbagai makanan.

Dikutip dari Recipe Tips, Selasa (18/10/2022), panci grill memungkinkan makanan dimasak perlahan, menyegel jus dalam daging dan sayuran. Panci grill juga memasak makanan dengan uap dengan membiarkan kelembapan menumpuk di ruang terbuka di antara tonjolan pada panci.

Panci grill dibuat dengan sisi dangkal dan dalam serta bagian bawah yang berisi tonjolan pendek atau tinggi.

Baca juga: Jangan Ditunda, Ini 5 Tanda Panci dan Wajan Harus Diganti

Ilustrasi grill pan, panci grill, panci panggang. FREEPIK/VALERIA_AKSAKOVA Ilustrasi grill pan, panci grill, panci panggang.

Panci grill dengan lekukan pendek kurang cocok untuk mengukus makanan daripada panci bergerigi lebih dalam karena ada lebih sedikit ruang di antara lekukan untuk menumpuknya kelembapan.

Demikian pula, makanan yang memiliki permukaan yang keras dan bertekstur lebih halus dimasak lebih baik di bagian punggungnya daripada makanan dengan permukaan tidak beraturan seperti daging giling.

Ada berbagai bahan panci grill yang berbeda, seperti besi cor, aluminium cor, stainless steel, dan baja berenamel.

Panci besi cor sangat umum dan agak efektif untuk mendistribusikan panas secara merata, namun berat dan dapat menjadi terlalu panas saat diletakkan di atas sumber panas.

Baca juga: Apakah Panci Aluminium Bisa Dipakai untuk Kompor Induksi?

Adapun panci grill aluminium memiliki bobot yang lebih ringan dan sangat baik dalam menghantarkan panas sehingga menyebar secara merata ke seluruh permukaan.

Karena panci grill mungkin sulit dibersihkan, disarankan agar digunakan spons atau scrubber yang dibentuk dengan pola yang mirip dengan bagian-bagian dalam panci sehingga pas di antara dan dengan mudah membersihkan lekukan-lekukan yang ada pada panci.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com