Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Mencegah Makanan Menempel di Kisi-kisi Alat Grill

Kompas.com - 31/12/2022, 19:08 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Malam pergantian tahun banyak dirayakan dengan membakar jagung atau daging di halaman rumah bersama keluarga. Tentu saja, alat panggang atau grill sangat dibutuhkan.

Akan tetapi, kerap kali makanan menempel di alat grill, sehingga sulit untuk dibalik dan bahkan menjadi gosong.

Dikutip dari Lifehacker Australia, Sabtu (31/12/2022), untuk menghindari kemungkinan makanan menempel di kisi-kisi grill, Anda hanya perlu melapisinya dengan benar.

Baca juga: Microwave Oven Grill, Solo, dan Convection, Apa Perbedaannya?

Ilustrasi grill gas portable. SHUTTERSTOCK/PHOTOMAVENSTOCK Ilustrasi grill gas portable.

Haruskah melapisi makanan atau kisi-kisi alat grill dengan minyak?

Menurut Meathead Goldwyn dari AmazingRibs.com, Anda perlu melapisi makanan dengan minyak sebelum dipanggang di alat grill.

Ada beberapa alasan meminyaki makanan masuk akal. Menyemprotkan minyak dari kaleng aerosol ke alat grill yang panas adalah ide yang buruk, karena tetesan kecil itu sangat mudah menguap.

Namun, mengoleskan minyak dengan tisu dapur dan penjepit atau bawang juga tidak menjamin permukaan antilengket. Menurut penasehat sains AmazingRibs.com Greg Blonder, hasil bervariasi berdasarkan suhu tungku dan titik asap minyak.

Kisi-kisi alat grill berbahan logam, bahkan yang bersih mengkilap, tidak terlalu mulus. Di bawah mikroskop ada banyak goresan, lubang, dan permukaan tak rata, sebut Blonder.

Baca juga: Alat Grill Outdoor Gas Vs Arang, Mana yang Sebaiknya Dipilih?

Senyawa dalam makanan jauh lebih dingin daripada kisi-kisi dan ketika keduanya bertemu, ikatan terbentuk di antara keduanya.

Jika Anda meminyaki kisi-kisi alat grill, di bawah titik asap minyak, katakanlah 200 derajat celcius, minyak sebenarnya melapisi kisi-kisi alat grill dan membantu melepaskan protein dan lemak.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com