Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membersihkan Alat Grill Sebelum Acara Tahun Baru

Kompas.com - 31/12/2022, 10:59 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Acara pergantian tahun banyak dimeriahkan dengan memanggang dan membakar daging di halaman rumah untuk disantap bersama keluarga. Untuk itu, Anda perlu menyiapkan alat panggang atau alat grill dalam kondisi baik.

Namun demikian, jangan langsung menggunakan grill arang atau grill gas Anda untuk membakar daging. Sebelum menggunakannya pada malam pergantian tahun, Anda perlu membersihkan alat grill terlebih dahulu.

Penggunaan alat grill yang tidak dibersihkan dulu bisa menyebabkan perut sakit. Sebab, tidak menutup kemungkinan ada bakteri dan kotoran tersembunyi pada alat grill Anda.

Baca juga: Microwave Oven Grill, Solo, dan Convection, Apa Perbedaannya?

Ilustrasi alat grill outdoor arang. FREEPIK/RAWPIXEL.COM Ilustrasi alat grill outdoor arang.

Dikutip dari Real Simple, Sabtu (31/12/2022), berikut cara membersihkan alat grill sebelum digunakan pada acara pergantian tahun.

Keamanan pangan alat gril

Sebelum menggunakan alat grill, Anda harus memanaskannya dulu dan menggosoknya hingga bersih. Mengapa demikian?

Alat grill dapat menyimpan sisa atau kerak makanan selama berhari-hari, berminggu-minggu, atau bahkan berbulan-bulan setelah hidangan dikonsumsi. Makanan yang tersisa di atas grill menjadi daya tarik bagi semut atau lalat, tikus, dan hewan lainnya

Makhluk-makhluk ini dapat memasukkan sejumlah bakteri dan bahkan kotoran ke permukaan grill jika bagian atas panggangan dibiarkan terbuka. Selain itu, sisa makanan adalah magnet bagi bakteri, dan sisa makanan dapat menghasilkan bau atau rasa yang tidak biasa pada makanan yang dimasak di atasnya.

Baca juga: Alat Grill Outdoor Gas Vs Arang, Mana yang Sebaiknya Dipilih?

Jangan menganggap panas tinggi membunuh bakteri berbahaya

Banyak orang menganggap panas tinggi dari api grill adalah hal yang diperlukan untuk menghancurkan bakteri yang tertinggal di kisi-kisi grill. Memang benar api akan melakukan pekerjaan yang layak untuk menghilangkan kuman-kuman, namun tidak 100 persen efektif.

Pun jika Anda tidak memberi waktu pada api untuk bekerja, api tidak akan memiliki dampak pembersihan apa pun, oleh karena itu penting untuk memanaskan panggangan terlebih dahulu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com