Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/01/2021, 12:52 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar mandi merupakan area yang paling lembap di seluruh ruangan di dalam rumah. Terkadang karena kelembapannya yang tinggi membuat area ini sering mengeluarkan bau tak sedap.

Berbagai benda di dalamnya bisa menjadi faktor penyebab bau tak sedap ini, misalnya kloset yang jarang dibersihkan, gantungan handuk, atau bahkan tirai kamar mandi yang jarang dibersihkan.

Oleh karena itu, untuk menghilangkan bau tak sedap serta membuatnya agar lebih segar, diperlukan perawatan secara menyeluruh dan rutin.

Baca juga: Gunakan Bahan Ini untuk Membersihkan Nat Keramik Kamar Mandi

 

Dilansir dari Home Beautiful, Selasa (19/1/2021), ada beberapa cara untuk menyegarkan area kamar mandi sehingga lebih nyaman dan bersih, sebagai berikut. 

1. Pembersihan Secara Menyeluruh

Untuk menjaga agar kamar mandi tetap segar dan bersih, lakukan pembersihan secara menyeluruh. Siapkan seember air hangat yang dicampur dengan sabun dan minyak peppermint atau minyak kayu putih, kemudian bersihkan lantai kamar mandi secara menyeluruh, jangan lupa untuk menyikat sudut-sudut kamar mandi.

Serta jangan lupakan untuk menyikat ambang jendela kamar mandi, sebab di sudut-sudut jendela sering kali kotoran menumpuk.

2. Singkirkan Botol Tak Terpakai

Kemudian, singkirkan semua botol yang sudah tidak terpakai, hal ini akan membuat kamar mandi terlihat berantakan.

Baca juga: Ingin Kamar Mandi Lebih Rapi? Begini Caranya

3. Handuk Baru

Handuk yang jarang dicuci akan menimbulkan bau yang tak sedap, terlebih lagi jika handuk digantung dengan waktu yang lama di dalam kamar mandi. Untuk itu, ganti handuk baru jika memang sudah berbau.

4. Tanaman

Tanaman dalam ruangan dapat membersihkan udara dan memberikan warna yang lebih teduh di kamar mandi.

Pilih varietas yang tahan lama dan bisa hidup di cahaya redup dengan kelembapan yang tinggi. Pasang beberapa tanaman dengan pengait dan menggantungnya di langit-langit atau di rak.

5. Tingkatkan Dekorasi

Kamar mandi yang memiliki dekorasi cantik akan terlihat lebih nyaman. Anda bisa menambahkan berbagai aksesori di dalam kamar mandi seperti tempat sikat gigi yang berwarna warni, atau keranjang pakaian kotor yang cantik.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com