Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Israel Buka Lagi Penyeberangan Kerem Shalom untuk Bantuan ke Gaza

Kompas.com - 08/05/2024, 16:38 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

RAFAH, KOMPAS.com - Israel membuka kembali penyeberangan Kerem Shalom untuk bantuan kemanusiaan di Gaza pada Rabu (8/5/2024).

Empat hari sebelumnya, Israel menutup Kerem Shalom sebagai tanggapan serangan roket yang menewaskan empat tentaranya.

“Truk-truk dari Mesir yang membawa bantuan kemanusiaan, termasuk makanan, air, peralatan penampungan, obat-obatan dan peralatan medis yang disumbangkan oleh komunitas internasional sudah tiba di persimpangan,” kata tentara Israel dalam pernyataan bersama COGAT, badan kementerian pertahanan yang mengawasi urusan sipil Palestina, dikutip dari kantor berita AFP.

Baca juga: Israel Buru Hamas dalam Serangan Besar-besaran di Rafah

Pasokan tersebut akan dikirim ke penyeberangan sisi Gaza setelah menjalani pemeriksaan, tambahnya.

Dikatakan pula bahwa perbatasan Erez antara Israel dan Gaza utara juga terbuka untuk pengiriman bantuan ke wilayah Palestina.

Penyeberangan Kerem Shalom ditutup setelah serangan roket Hamas menewaskan empat tentara dan melukai lebih dari 12 orang pada Minggu (5/5/2024).

Baca juga:

Pada Selasa (7/5/2024), pasukan Israel menguasai sisi Palestina di penyeberangan Rafah antara Gaza dan Mesir setelah menyerang sektor timur kota tersebut.

PBB dan sekutu setia Israel, Amerika Serikat, mengecam penutupan dua perlintasan yang merupakan jalur penyelamat bagi warga sipil yang menghadapi ancaman kelaparan di Gaza.

Baca juga: Israel Kerahkan Tank ke Rafah, Ambil Alih Kontrol Perbatasan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com