Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumlah Korban Tewas di Gaza Capai 30.534 Orang

Kompas.com - 04/03/2024, 20:57 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber AFP

 

JALUR GAZA, KOMPAS.com - Jumlah korban tewas di Gaza akibat serangan Israel telah mencapai 30.500 orang lebih pada Senin (4/3/2024).

Kementerian Kesehatan di Gaza yang dikuasai Hamas menyebut, sebanyak 30.534 orang telah terbunuh akibat agresi Israel sejak 7 Oktober 2023.

Dikatakan, setidaknya 124 warga tewas dan 210 lainnya terluka dalam 24 jam terakhir akibat serbuan Israel.

Baca juga: Kata AS soal Jumlah Korban Tewas di Gaza, Setuju Data Hamas?

"Israel melakukan 13 pembantaian terhadap keluarga-keluarga di Jalur Gaza, sehingga menyebabkan 124 warga meninggal dunia dan 210 lainnya terluka dalam 24 jam terakhir," ungkap mereka, dikutip dari AFP.

Sayangnya, jumlah korban tewas di Gaza masih mungkin bertambah karena Israel belum akan menghentikan serangan dan masih banyak orang belum berhasil diselamatkan dari bawah reruntuhan.

"Masih banyak orang yang terjebak di bawah reruntuhan dan tergeletak di jalanan, namun regu penyelamat tidak dapat menjangkau mereka," ungkap Kementerian Kesehatan di Gaza dalam sebuah pernyataan.

Selain menewaskan puluhan ribu orang yang sebagian besar adalah perempuan dan anak-anak, dikatakan serangan Israel menyebabkan 71.920 warga terluka.

Pada kenyataannya Israel masih terus menggempur Gaza meski sudah ada putusan awal Mahkamah Internasional (ICJ) pada 26 Januari yang memerintahkan mereka untuk berhenti melakukan genosida dan mengupayakan perbaikan kondisi kemanusiaan di Gaza.

PBB menyebut aksi Israel itu menyebabkan 85 persen penduduk Gaza terusir dari tempat tinggalnya.

Baca juga: Jumlah Korban Tewas di Gaza Tembus 23.708 Orang, Penduduk: Apakah Ada yang Peduli dengan Kami?

Selain itu, sebanyak 60 persen infrastruktur Gaza ditemukan telah rusak dan hancur.

Warga Gaza pun kini menghadapi kelangkaan makanan, air bersih, dan obat-obatan yang parah.

Meski demikian, pertempuran terus berlanjut dan pengiriman bantuan kemanusiaan masih belum mencukupi untuk mengatasi bencana kemanusiaan di Gaza.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com