Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China: Balon AS Masuk Wilayah Udara Kami Lebih dari 10 Kali Sejak 2022

Kompas.com - 13/02/2023, 18:08 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber AFP

BEIJING, KOMPAS.com - Otoritas China pada Senin (13/2/2023) menyatakan, bahwa Amerika Serikat (AS) malah sudah menerbangkan balon ke wilayah udara mereka lebih dari 10 kali sejak Januari 2022.

Hubungan antara AS dan China diketahui telah memburuk dalam beberapa pekan terakhir.

Ini terjadi setelah keputusan Amerika Serikat untuk menembak jatuh benda yang disebut sebagai balon mata-mata milik China pada awal Februari, yang menurut Beijing adalah untuk tujuan sipil.

Baca juga: AS Sudah Hubungi China soal Balon Mata-mata, Beijing Tak Menjawab

Sejumlah perangkat serupa lainnya juga dilaporkan sudah ditembak jatuh ketika berada di langit Amerika Serikat dan Kanada belakangan ini.

“Bukan hal yang aneh juga bagi AS untuk memasuki wilayah udara negara lain secara ilegal. Sejak tahun lalu saja, balon AS telah terbang secara ilegal di atas China lebih dari 10 kali tanpa persetujuan dari otoritas China," jelas kata Juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Wang Wenbin, dikutip dari AFP.

Ditanya bagaimana China menanggapi dugaan serangan dari AS tersebut, Wang mengatakan Beijing melakukannya dengan bertanggung jawab dan profesional.

"Penanganan (insiden balon udara AS memasuki wilayah China) dilakukan Beijing degan bertanggung jawab dan profesional," terang dia dalam sebuah pengarahan kepada awak media.

Baca juga:

"Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang balon ketinggian tinggi AS yang memasuki wilayah udara China secara ilegal, saya sarankan Anda merujuk ke pihak AS," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com