Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rangkuman Hari Ke-154 Serangan Rusia ke Ukraina, Kabar Baik soal Gandum, Jembatan yang Dikuasai Rusia Diserang

Kompas.com - 28/07/2022, 06:44 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

KOMPAS.com - Memasuki hari ke-154 serangan Rusia ke Ukraina, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengeklaim bahwa hampir 40.000 tentara Rusia tewas dan puluhan ribu lainnya “terluka dan cacat” sejak dimulainya invasi Rusia pada 24 Februari.

Seorang pejabat yang didukung Moskwa di wilayah Kherson yang diduduki Rusia mengatakan, kota-kota selatan Odesa dan Mykolaiv segera "dibebaskan" dari Ukraina, ketika Rusia meningkatkan serangannya di dua wilayah Laut Hitam.

Baca juga: Rangkuman Hari Ke-153 Serangan Rusia ke Ukraina, Giliran Permukiman Odessa Dirudal, UE Sepakat Potong Penggunaan Gas Rusia

Enam orang terluka setelah serangan rudal di Kota Kharkiv pada Rabu (27/7/2022) pagi, kata Wali Kota Ihor Terekhov.

Perusahaan militer swasta Rusia Wagner kemungkinan telah membuat kemajuan taktis di dekat pembangkit listrik Vuhlehirska dan desa terdekat Novoluhanske di wilayah Donetsk, kata kementerian pertahanan Inggris.

Berikut perkembangan terbaru perang, yang terhimpun dalam rangkuman hari ke-154 serangan Rusia ke Ukraina:

Baca juga: [POPULER GLOBAL] Kemarahan China Soal Rencana Ketua DPR AS ke Taiwan | Nama Virus Monkeypox Diminta Diganti

Ukraina bergerak lebih dekat ke ekspor gandum

Angkatan Laut Ukraina mengatakan bahwa pekerjaan telah dilanjutkan di tiga pelabuhan Laut Hitam yang ditunjuk berdasarkan kesepakatan dengan Rusia, untuk melanjutkan ekspor sereal yang telah diblokir oleh invasi Rusia ke Ukraina.

Pada pembicaraan di Turki pekan lalu, Kyiv dan Moskwa menyetujui mekanisme untuk mengizinkan biji-bijian Ukraina yang diblokir, untuk diekspor melintasi Laut Hitam dari pelabuhan Odessa, Chernomorsk dan Pivdennyi.

Kyiv mengatakan, pihaknya berharap mulai mengirimkan jutaan ton biji-bijian pertama "minggu ini", meskipun ada serangan rudal oleh Rusia pekan lalu di pelabuhan di Odessa.

Rusia dan Ukraina adalah pengekspor utama produk pertanian, tetapi invasi Moskwa telah sangat mengganggu ekspor gandum Ukraina, karena pertempuran itu merusak panen dan membuat pelabuhan diblokir dan ditambang.

Sebagai bagian dari kesepakatan, pusat koordinasi yang melibatkan perwakilan Ukraina dan Rusia dibuka Rabu (27/7/2022) di Istanbul untuk memantau perjalanan kapal yang aman di sepanjang rute yang disepakati.

Baca juga: Ekspor Gandum Ukraina Dibuka Lagi, Pengiriman Mulai Akhir Juli 2022

Ukraina menyerang jembatan yang dikuasai Rusia 

Pasukan Ukraina menyerang jembatan penting yang dikuasai Rusia semalam, selama serangan balasan untuk merebut kembali kota selatan Kherson yang diduduki, kata perwakilan dari kedua belah pihak.

Tentara Rusia telah menggunakan jembatan Antonivskiy di atas Sungai Dnipro sebagai rute pasokan utama ke Kherson, yang jatuh ke tangan pasukan Rusia pada hari-hari awal invasi.

Kyiv telah berjanji melakukan serangan balasan besar-besaran untuk merebut kembali wilayah di sebelah semenanjung Krimea, dengan bantuan sistem rudal canggih yang dipasok oleh Barat.

Baca juga: Ketika Boris Johnson Dapat Dukungan Jadi Warga Negara dan PM Ukraina…

Penunjukkan Jaksa baru Ukraina

Anggota parlemen Ukraina Andriy Kostin diangkat sebagai jaksa agung baru negara itu, seminggu setelah Presiden Volodymyr Zelensky memecat pendahulu Kostin dan kepala badan keamanan negara itu, dengan alasan meluasnya kolusi dengan Rusia di antara staf mereka.

Kantor kejaksaan mengatakan bahwa 299 anggota parlemen Ukraina - Rada - mendukung pencalonan Kostin.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com