Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bangkai Kapal Dagang yang Hilang 2.000 Tahun Lalu Dijarah di Pantai Perancis

Kompas.com - 28/04/2022, 20:00 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

MARSEILLE, KOMPAS.com - Sebuah kapal dagang kuno yang membawa anggur dan hilang 2.000 tahun di Laut Mediterania telah dijarah dan rusak, kata pihak berwenang Perancis pada Rabu (27/4/2022).

Kapal bernama Fort Royal 1 itu diperkirakan tenggelam di lepas pantai Cannes di French Riviera pada abad kedua SM.

Penyelam yang ditugaskan untuk eksplorasi resmi pertama dari bangkai kapal yang ditemukan pada 2017 itu menemukan beberapa wadah tanah liat yang digunakan untuk mengangkut anggur pada saat itu diambil oleh penjarah dengan membobol kapal.

Baca juga: Kematian Misterius di Kapal Induk USS George Washington Mulai Diselidiki

"Bangkai kapal yang terpelihara dengan baik dari periode ini sangat langka," kata pernyataan bersama dari Departemen Arkeologi Laut di Kementerian Kebudayaan Perancis dan polisi setempat.

"Itulah mengapa kesempatan untuk mempelajari badan kayu dan muatannya benar-benar luar biasa," lanjutnya dikutip dari AFP.

"Kehilangan informasi ilmiah dan sejarah mungkin signifikan" sebagai akibat dari kerusakan, tambahnya, dengan mengatakan bahwa pencurian telah dilakukan baru-baru ini dan masih berlangsung.

Kapal itu ditemukan pada 2017 oleh pasangan arkeolog laut Perancis terkenal Anne dan Jean-Pierre Joncheray, yang menghabiskan puluhan tahun menjelajahi dasar Mediterania.

Jean-Pierre Joncheray meninggal pada tahun 2020 dalam usia 79 tahun.

Daerah di sekitar bangkai kapal "sekarang terlarang untuk tambatan atau berlayar dan penyelidikan telah dibuka oleh polisi maritim di Marseille," lanjut pernyataan bersama tersebut.

Baca juga: Penemu Bangkai Kapal Titanic Tawarkan Bantuan Cari MH370, tapi Ditolak

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com