Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alat Setrum Kelamin dan Kursi Hukuman, Cara China Siksa Tahanan Menurut Mantan Perwiranya

Kompas.com - 17/10/2021, 12:35 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber Daily Mail

LONDON, KOMPAS.com - Mantan perwira polisi China mengungkapkan bagaimana dia memukul, menyiksa, dan menyiksa sejumlah pria dan wanita yang ditangkap oleh pasukan keamanan China.

Pria yang diidentifikasi sebagai Jiang, berusia 39 tahun, mengatakan akan ada tiga petugas di sebuah ruangan yang menendang dan meninju orang. Mereka menggunakan cambuk ke punggung telanjang para tahanan.

Baca juga: Bocah di China Kalungkan Gembok Sepeda ke Leher Ibunya, Tak Tahu Kode Kombinasi

Dalam wawancara dengan Ian Birrell, jurnalis dan mantan penulis pidato Perdana Menteri Inggris David Cameron, Jiang juga mendemonstrasikan taktik penyiksaan tahanan China dengan menendang dan meninju korban imajiner.

Tongkat listrik juga digunakan pada alat kelamin korban. Sementara itu ada metode khusus untuk perempuan, seperti memasang borgol besi di tangan mereka, kemudian dibanting berulang kali di atas meja.

"Setelah dua atau tiga menit, mereka akan menangis karena sangat sakit," kata pelapor melansir Daily Mail pada Sabtu (16/10/2021).

Menurut Jiang, korban termasuk anak-anak berusia 14 tahun. “Kejahatan” mereka adalah menjadi minoritas di China barat, terutama orang-orang Uighur.

Baca juga: Akankah Angkatan Udara China Lampaui Superioritas AS di Angkasa?

Bukti tambahan

Mantan detektif ini, yang hanya dapat diidentifikasi sebagai Jiang karena takut akan hukuman dari rezim karena berbicara, adalah anggota pertama pasukan keamanan China yang berani menyerukan tindakan mengerikan itu.

Namun keterangannya menawarkan bukti baru dan memberatkan dari kampanye pembersihan etnis di provinsi Xinjiang oleh rezim.

Kesaksiannya yang mengejutkan sangat kuat mengingat dia berasal dari keluarga petugas polisi dan anggota partai yang setia.

Dia sebelumnya percaya telah melakukan tugas patriotiknya. Dia pun diyakinkan oleh propaganda rezim, bahwa itu memerangi pemberontakan teroris yang mematikan, separatisme dan militan.

Maya Wang, peneliti senior China di Human Rights Watch, mengatakan ceritanya menambah “kesaksian mengerikan dari para korban dan saksi, catatan resmi dan citra satelit, yang semuanya menunjuk pada kejahatan terhadap kemanusiaan oleh pemerintah China”.

Baca juga: Qin Shi Huang, Kaisar Pertama China dan Obsesi Keabadian

Jiang, 39 tahun, pada saat yang sama juga menunjukkan dokumen resmi rahasia, materi polisi, dan foto-foto untuk mendukung ceritanya.

Bukti itu termasuk arahan resmi yang dikeluarkan pada akhir 2015 untuk “menyampaikan” instruksi Presiden China Xi Jinping kepada semua pasukan polisi.

Isinya memerintah aparat untuk memantau, menginterogasi, dan berbagi informasi tentang “orang yang menjadi perhatian”, kode untuk Uighur, menurut Jiang.

Ini mengikuti peluncuran kampanye “Strike Hard” oleh Xi pada tahun sebelumnya, yang meningkatkan penindasan terhadap minoritas.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com