Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang KTT ASEAN, Presiden Filipina dan PM Thailand Tidak Hadir

Kompas.com - 23/04/2021, 16:20 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Filipina Rodrigo Duterte dan Perdana Menteri Thailand Prayuth Chan-o-cha tidak akan hadir di KTT ASEAN, Sabtu (24/4/2021) esok.

KTT ASEAN besok akan membahas krisis di Myanmar, dan ketidakhadiran Duterte serta Prayuth mengurangi jumlah pemimpin Asia Tenggara yang datang ke Jakarta.

Sebagai gantinya, Menteri Luar Negeri Filipina Teodoro Locsin Jr akan mewakili Duterte yang harus menangangi krisis Covid-19 di negaranya.

Baca juga: KTT ASEAN di Jakarta, Saatnya Berkomuni-aksi dengan Myanmar

Hal tersebut disampaikan pernyataan Kementerian Luar Negeri Filipina, seiring tingginya kasus harian beberapa pekan terakhir.

Meskipun Duterte absen, Filipina mengatakan sangat mendukung KTT ASEAN di Jakarta, walau tanpa kehadiran penuh dari para pemimpin 10 negara anggotanya.

Sementara itu pemimpin junta militer Myanmar, Jenderal Min Aung Hlaing, akan menghadiri KTT ASEAN kata juru bicaranya kepada Nikkei Asia pada Rabu (21/4/2021).

PM Malaysia Muhyiddin Yassin juga bakal hadir begitu pun PM Kamboja Hun Sen, tetapi beberapa negara belum mengumumkan apakah para pemimpin tertingginya juga akan berpartisipasi.

Baca juga: 300 Personel Polisi Dikerahkan untuk Amankan KTT ASEAN di Jakarta

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com