Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PM Malaysia: Serangan Iran terhadap Israel adalah Tindakan Sah

Kompas.com - 15/04/2024, 22:58 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber AFP

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim pada Senin (15/4/2024) menyebut, serangan Iran terhadap Israel pada akhir pekan lalu adalah tindakan yang sah.

Iran seperti diketahui telah meluncurkan lebih dari 300 drone dan rudal ke Israel pada Sabtu (13/4/2024) malam.

Pemimpin Malaysia yang berpenduduk mayoritas Muslim itu pun mendesak Otoritas Israel untuk tidak melakukan pembalasan lebih lanjut yang akan memperparah ketegangan di Timur Tengah.

Baca juga: Seberapa Kuat Militer Iran?

"Peluncuran pesawat tak berawak oleh Iran adalah tindakan yang sah setelah serangan biadab oleh Israel terhadap kedutaan besar Iran di Damaskus," kata Anwar dalam sebuah pernyataan, dikutip dari AFP.

Dalam pernyataan itu, ia merujuk pada serangan mematikan pada 1 April terhadap kedutaan Besar (Kedubes) Iran di ibu kota Suriah yang secara luas dituduhkan kepada Israel.

Serangan ke Damaskus dilaporkan meratakan gedung konsuler berlantai lima di kedutaan besar Iran dan menewaskan tujuh anggota Garda Revolusi dengan dua di antaranya adalah jenderal.

Pernyataan PM Anwar tersebut dikeluarkan setelah ia memimpin pertemuan Dewan Keamanan Nasional Malaysia untuk membahas meningkatnya ketegangan di Timur Tengah.

Ia sendiri sebelumnya telah membela hubungan "Negeri Jiran" dengan kelompok Hamas yang melancarkan serangan terhadap Israel pada  7 Oktober dan memicu perang di Jalur Gaza.

Dalam sebuah kunjungan ke Jerman bulan lalu, dia menekankan, bahwa hubungan Malaysia adalah dengan sayap politik Hamas dan bukan dengan sayap militernya.

"Saya tidak meminta maaf tentang hal itu," katanya saat itu.

Baca juga: Apa yang Akan Terjadi jika Israel Serang Iran?

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com