Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trump Jr Dorong Ayahnya untuk "Perang Total" Lawan "Penipuan" Pilpres AS

Kompas.com - 06/11/2020, 10:30 WIB
Shintaloka Pradita Sicca

Penulis

Sumber AFP

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Putra tertua presiden, Donald Trump Jr., terlihat mendukung penuh ayahnya , ketika berjuang melawan apa yang disebut sang presiden sebagai "penipuan" pemilu Amerika Serikat yang meluas.

Trump Jr. menyerukan kepada ayahnya melalui Twitter untuk melakukan "perang total" melawan kecurangan yang dia yakini mencemari pemilihan, pada Kamis (5/11/2020).

Tweet yang menghasut itu digambarkan oleh beberapa orang, termasuk media The New York Post, sebagai sebuah tanda yang jelas dari kepanikan yang meningkat dari kubu Trump terhadap Joe Biden untuk memenangkan kursi di Gedung Putih.

Baca juga: Update Pilpres AS: Biden Dekati Angka Keramat, Trump Mengamuk

"Hal terbaik untuk masa depan Amerika adalah @realDonaldTrump untuk melakukan perang total atas pemilihan ini, untuk mengungkap semua penipuan, kecurangan, pemilih yang mati/tidak lagi berada di negara bagian itu, yang telah berlangsung terlalu lama," kata Don Jr. menulis di akun Twitter-nya, di mana dia secara teratur me-retweet teori konspirasi.

Namun, dia tidak memberikan bukti kecurangan yang diduga terjadi, seperti yang dilansir dari AFP pada Jumat (6/11/2020).

Baca juga: Pilpres AS: Trump Kalah dalam Gugatan Pemungutan Suara di Georgia dan Michigan

"Saatnya membereskan kekacauan ini dan berhenti mencari seperti republik pisang!" tambahnya.

Kemudian, ia mencemooh "kurangnya tindakan" dari Partai Republik, menyebut beberapa orang, seperti senator Carolina Selatan, Lindsey Graham, yang biasanya merupakan sekutu setia Trump.

Baca juga: Kerusuhan Pilpres AS, 20 Orang Ditangkap di New York, Demonstran Ludahi Polisi

Adik laki-lakinya, Eric Trump, juga menargetkan kontestasi politik yang secara teoritis dipimpin ayahnya.

"Di mana Partai Republik! Yang punya beberapa tulang punggung. Lawan penipuan ini. Para pemilih kami tidak akan pernah melupakanmu, jika menjadi dombamu!" tulis Eric.

Namun, hanya sedikit yang menjawab seruan dari Eric, yang disebut terdapat kesalahan secara tata bahasa.

Baca juga: Pilpres AS: Pennsylvania Segera Umumkan Hasil Suara, Tim Kampanye Trump Optimistis Menang

Putri tertua Trump dan salah satu penasihat seniornya, Ivanka Trump, juga melontarkan pernyataan pada Kamis, bahwa ayahnya "akan selalu berjuang untuk pria dan wanita pekerja keras di Negara yang hebat ini!"

Namun, dia belum mengeluarkan tweet atau retweet tentang tuduhan penipuan yang diperjuangkan oleh saudara-saudaranya sejak Hari Pemilihan.

Baca juga: Update Pilpres AS: Menuju Gedung Putih, Ini Skenario yang Dibutuhkan Biden dan Trump

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com