Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PM Israel Janjikan "Balasan Terkuat" jika Diserang Lagi dari Lebanon

Kompas.com - 26/08/2020, 17:20 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber AFP

TEL AVIV, KOMPAS.com - Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menegaskan, pihaknya menjanjikan "balasan terkuat" jika diserang lagi dari Lebanon.

Dalam rilisnya, Netanyahu mengatakan dia meminta kepada Hezbollah, selaku kelompok yang berkuasa di sana, agar tidak menyerang negaranya,

Baca juga: Israel Gempur Pos Pengamatan Hezbollah di Perbatasan

"Sekali lagi, Hezbollah membahayakan Lebanon karena agresinya. Kami akan meresponas dengan balasan terkuat jika diserang lagi," ancamnya.

Dilansir AFP Rabu (26/8/2020), Israel dan Hezbollah terakhir kali terlibat perang adalah pada 2006, yang berlangsung selama satu bulan.

Tensi dua pihak semakin memanas setelah Tel Aviv mengumumkan mereka melancarkan serangan udara terhadap pos Hezbollah di Lebanon.

Serangan udara itu merupakan balasan setelah kelompok yang dianggap teroris di 21 negara itu melakukan serangan malam sebelumnya (25/8/2020).

Tensi di perbatasan meningkat setelah Beirut menolak seruan Israel agar mereformasi pasukan perdamaian PBB, jelang pembaruan mandat dari Dewan Keamanan PBB.

Adapun Pasukan Pertahanan Israel (IDF) menerangkan adanya "insiden keamanan" dekat Manara, kibbutz (wilayah) dekat garis demarkasi PBB.

Warga setempat diminta untuk mengungsi, dengan Tel Aviv menyatakan mereka tidak mendapaktan laporan adanya korban jiwa pada warga.

Adapun suasana di Manara berlangsugn tenang pada Rabu, di mana militer mengimbau warga mereka bisa keluar rumah dan melakukan aktivitas harian mereka.

Baca juga: Menantu Donald Trump Akan Jadi Orang Pertama yang Naik Penerbangan Komersial Israel-UEA

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com