Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadi Kreasi Sarapan, Benarkah Susu Kental Manis Bukan Susu?

Kompas.com - 13/03/2024, 15:21 WIB
A P Sari

Penulis

KOMPAS.com – Susu kental manis sudah begitu populer di Indonesia. Salah satu produk olahan susu ini sering digunakan sebagai tambahan atau topping dalam berbagai macam jenis kudapan atau panganan, termasuk untuk berbagai kreasi menu sarapan di Indonesia.

Namun, belakangan ini muncul asumsi yang menyatakan bahwa susu kental manis bukan susu. Benarkah demikian?

Sontak asumsi itu menimbulkan pertanyaan besar di kalangan masyarakat, apakah susu kental manis bukan susu?

Peraturan Kepala (Perka) Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Nomor 21 Tahun 2016 menyatakan bahwa susu kental manis adalah produk olahan susu yang diperoleh dengan menghilangkan sebagian air dari campuran susu dan gula hingga mencapai tingkat kepekatan tertentu.

Berkaca ke peraturan tersebut, asumi yang menyatakan susu kental manis bukan susu tidaklah tepat. Apalagi produk olahan susu ini mengandung kalori yang cocok menjadi digunakan sebagai topping atau tambahan pada menu sarapan.

Baca juga: Isu Susu Kental Manis Bukan Susu, Apakah Benar?

Kepala BPOM Penny Lukito mengatakan, berdasarkan standar keamanan pangan internasional (Codex), susu kental manis adalah produk yang mengandung susu dan baik digunakan sebagai pelengkap sajian. Pernyataan ini sekali lagi menjawab asumsi bahwa susu kental manis bukan susu kuranglah tepat.

Setelah mengetahui bahwa susu kental manis bukan susu tidaklah tepat, maka kini saatnya mengetahui manfaat dari susu kental manis. 

Untuk diketahui, satu saset susu kental manis mengandung 130 kilokalori (kkal). Kandungan kalori pada susu kental manis bisa membantu dalam pemenuhan kalori harian orang dewasa

Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 28 Tahun 2019 tentang Angka Kecukupan Gizi yang Dianjurkan untuk Masyarakat Indonesia menyatakan, rata-rata kebutuhan energi masyarakat (orang dewasa) sebesar 2.100 kkal per orang per hari.

Terkait kebutuhan kalori, sarapan menjadi kegiatan yang sangat penting yang tidak boleh dilewatkan. Hal ini karena sarapan bermanfaat untuk menghasilkan tenaga yang dapat meningkatkan konsentrasi dan energi positif bagi tubuh manusia.

Baca juga: Kebenaran Susu Kental Manis Bukan Susu dan Kegunaannya

Umumnya, masyarakat gemar mengonsumsi hidangan yang tidak terlalu berat ketika sarapan. Namun, hidangan sarapan sebaiknya menggunakan bahan-bahan yang mampu memenuhi nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. 

Salah satu bahan itu adalah susu kental manis. Kandungan kalori yang ada di produk olahan susu ini dapat membantu pemenuhan kebutuhan kalori Anda pada pagi hari. 

Apalagi susu kental manis juga praktis digunakan dan mudah didapatkan, sehingga cocok digunakan sebagai bahan atau topping pada menu sarapan. 

Jika Anda bosan dengan sarapan yang biasa-biasa saja, saat ini sudah banyak kreasi menu sarapan yang menarik dan mampu menggugah selera makan. 

Berikut rekomendasi dan resep kreasi menu sarapan dengan susu kental manis yang bisa menjadi ide sarapan untuk Anda.

Baca juga: Cocok Jadi Topping, Benarkah Susu Kental Manis Bukan Susu?

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com