Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Susu Kental Manis Bukan Susu: Fakta dan Tips Penyimpanannya

Kompas.com - 26/10/2023, 13:15 WIB
Inang Sh ,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Belakangan ini, terdapat berbagai anggapan bahwa susu kental manis bukan susu dan menimbulkan kebingungan di kalangan konsumen. 

Banyak yang bertanya-tanya, apakah susu kental manis atau SKM benar-benar mengandung susu atau tidak? 

Menurut Peraturan Kepala (Perka) Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Republik Indonesia Nomor 21/2016 tentang Kategori Pangan, susu kental manis adalah produk olahan susu. 

BPOM menempatkan SKM ke dalam sub kategori susu kental dan analognya yang merupakan salah satu sub kategori susu dan hasil olahannya.

Perka tersebut juga menyatakan, susu kental manis adalah produk susu yang diperoleh dengan menghilangkan sebagian air dari campuran susu dan gula hingga mencapai tingkat kepekatan tertentu.

Baca juga: Benarkah Susu Kental Manis Bukan Susu? Simak Faktanya

Dengan demikian, anggapan bahwa susu kental manis bukan susu tidak tepat karena SKM merupakan produk olahan susu yang aman dikonsumsi.

Sejarah pembuatan susu kental manis

Untuk mengurai pertanyaan apakah susu kental manis bukan susu, mari kita mengupas sejarah pembuatan susu kental manis. 

Pada abad ke-19, terdapat kebutuhan akan makanan bernutrisi yang portable, khususnya untuk para pelaut dan tentara. Di satu sisi, susu cepat basi sehingga tidak dapat disimpan dalam waktu lama atau dibawa untuk bepergian.

Melihat permasalahan itu, penemu dari Amerika Serikat Gail Borden bereksperimen membuat susu agar bisa disimpan dalam jangka waktu yang lama.

Baca juga: Benarkah Susu Kental Manis Bukan Susu? Ini Asal-Usulnya

Pada 1851, dia berhasil menemukan metode untuk mengentalkan susu dengan mengurangi kadar air dan menambahkan gula sebagai pengawet alami.

Susu kental manis menjadi populer sebagai bahan pangan dalam Perang Sipil di AS dan berkembang ke seluruh dunia pada abad ke-20 hingga sekarang.

Popularitas produk olahan susu itu juga di Indonesia pada awal abad ke-20. Bahkan, produk ini telah menjadi bagian penting dari kuliner-kuliner Indonesia, seperti martabak, ketan susu, roti bakar, teh tarik, hingga es campur.

Produk olahan susu itu juga bisa dijadikan pelengkap dalam berbagai menu sarapan, seperti roti panggang, panekuk, sereal, hingga smoothies.

Kandungan susu kental manis

Sekalipun muncul isu susu kental manis bukan susu, produk pelengkap makanan dan minuman serba guna ini mengandung berbagai zat yang bermanfaat bagi tubuh.

Baca juga: Kalori Susu Kental Manis di Menu Bekal Sarapan Keluarga

Selain itu, isu susu kental manis bukan susu yang beredar tidak bisa dibenarkan, karena produk pelengkap makanan dan minuman serbaguna ini mengandung lemak dan protein yang dapat menunjang gaya hidup aktif. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com