Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Susu Kental Manis dalam 5 Resep Sarapan Nikmat dan Praktis

Kompas.com - 04/09/2022, 09:00 WIB
Inang Sh ,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Susu kental manis merupakan bahan pelengkap makanan serbaguna yang digemari masyarakat Indonesia. Bahan pelengkap ini sering hadir di menu sarapan yang praktis dan nikmat.

Susu kental manis diolah dari susu sapi segar dengan cara menghilangkan sebagian air dari campuran susu hingga mencapai tingkat kepekatan tertentu. 

Campuran gula dipergunakan sebagai bahan pengawet alami sehingga susu kental manis bisa digunakan lebih lama saat disimpan dalam keadaan tertutup rapat. 

Oleh karenanya, susu kental manis menjadi bahan serbaguna yang cocok dipadukan dengan berbagi menu sarapan, seperti bubur ketan hitam, panekuk, kopi susu, hingga smoothies.

Apalagi, susu kental manis hadir dalam beberapa varian rasa sehingga praktis untuk membuat berbagai kreasi menu sarapan.

Baca juga: Konsumsi Susu Kental Manis Harian dengan Takaran Ideal

Selain nikmat dan praktis, susu kental manis biasanya mengandung kalori dan memiliki berbagai gizi mikro, seperti vitamin dan mineral.

Tambahan susu kental manis pada menu sarapan juga dapat membantu tubuh dalam mencukupi zat gizi makro seperti protein, karbohidrat, dan lemak.

Maka dari itu, susu kental manis sangat cocok dijadikan penyemangat sarapan pagimumu yang lezat dan mendukung aktifitas harian.

Tak hanya itu, susu kental manis tergolong ekonomis karena dibanderol dengan harga terjangkau dan mudah untuk dibeli di mana saja.

Susu kental manis juga mudah disimpan dan dibawa-bawa, karena dijual dalam beberapa jenis kemasan, yakni kaleng, pouch, dan saset.

Nah, jika kamu bosan dengan resep panekuk atau smoothies, berikut menu sarapan anti-mainstream yang dipadukan dengan susu kental manis biar semakin nikmat. Ingat, resep dengan susu kental manis ini tetap praktis, ya!

1. Granola bars

Ilustrasi granola bars. 
(Pexels/Annelies Brouw) Ilustrasi granola bars.

Granola bars sering dijadikan menu sebagai sarapan pengganti nasi atau camilan ketika tidak memiliki waktu cukup untuk menyiapkan makanan atau sekadar pergi ke warung.

Sebagai informasi, granola adalah makanan yang terdiri dari oat, kacang-kacangan, dan buah-buahan kering yang diolah dengan tambahan minyak, madu, atau pemanis lainnya.

Tak heran, granola cukup populer bagi pelaku diet atau gaya hidup sehat. Tak perlu memesannya di katering sehat, berikut resep praktis dan lezat granola bars dengan paduan susu kental manis.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com