Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Kuliner Khas Ramadhan di Indonesia, Tak Cuma Kolak

Kompas.com - 12/03/2024, 09:31 WIB
Aska Bagus Aldika,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Berpuasa pada bulan suci Ramadhan, tidak lengkap jika tidak berbuka puasa dengan kuliner khas yang hanya muncul musiman. Terdapat berbagai macam kuliner khas bulan Ramadhan yang berbeda-beda di setiap daerahnya.

Pada saat bulan Ramadhan banyak sekali bermunculan makanan yang jarang kita temui sebelumnya di bulan-bulan biasa, antara lain ketan bintul, barongko, mi glosor dan banyak kuliner khas Ramadhan lainnya.

Kuliner khas Ramadhan

Dilansir dari laman Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, berikut kuliner khas Ramadhan di Indonesia:

Baca juga: Resep Kolak Buah, Takjil Manis Menyegarkan yang Mudah Dibuat

1. Kolak

Siapa yang tidak tahu makanan ini, makanan ini merupakan makanan paling identik dengan bulan Ramadhan. Kolak sejatinya berasal dari Sumatera Barat, tetapi kini kolak sudah bisa ditemui di mana saja.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Foodplace (@my.foodplace)

Kolak merupakan perpaduan antara pisang kepok dan ubi yang direbus dengan campuran kuah santan, gula merah, cengkeh dan daun pandan. Kolak memiliki cita rasa yang gurih dan manis cocok untuk berbuka puasa.

Selain kolak pisang, terdapat juga kolak biji salak yang dapat ditemui saat bulan Ramadhan. Kolak biji salak terbuat dari ubi jalar yang dibentuk bulat lalu dicampurkan dengan tepung tapioka. Sama dengan kolak pisang, kolak biji salak juga memiliki cita rasa gurih dan manis.

2. Ketan bintul

Makanan ini sudah ada sejak abad ke-16, makanan ini berasal dari Banten. Tidak seperti ketan pada umumnya, ketan bintul disajikan dengan diberi taburan serundeng di bagian atasnya.

Salah satu penjual Ketan Bintul di Pasar Lama Kota Serang, Banten, Rabu (8/5/2019)KOMPAS.com/ACEP NAZMUDIN Salah satu penjual Ketan Bintul di Pasar Lama Kota Serang, Banten, Rabu (8/5/2019)

Ketan bintul ini memiliki cita rasa gurih yang berasal dari serundeng yang telah diolah dengan berbagai rempah-rempah, biasanya ketan bintul dikonsumsi dengan kuah semur maupun empal daging sapi.

3. Kicak

KicakTribun Jogja/Hamim Thohari Kicak

Kuliner khas Ramadhan ini berasal dari Yogyakarta yang memiliki cita rasa manis dan gurih. Kicak ini terbuat dari ketan yang ditumbuk halus lalu dicampurkan dengan santan, nangka, dan juga kelapa parut.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com