Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prediksi Tren Makanan dan Minuman 2024 Menurut Pinterest

Kompas.com - 04/01/2024, 08:08 WIB
Marsha Awang Lisba Siella,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setiap tahun, kuliner mengalami perubahan tren, preferensi konsumen, dan inovasi dalam pembuatan makanan.

Tahun 2024 diprediksi akan banyak perubahan yang menarik dalam perkembangan pada industri kuliner.

Baca juga:

Melansir Food & Wine, Sydney Stanback pemimpin tren dan wawasan global di Pinterest, mengatakan bahwa data pencarian dari 482 juta pengguna Pinterest, mengalamai peningkatan minat pada musik, hiburan, style, desain rumah, kesehatan, serta makanan dan minuman.

Menurut pakar Pinterest, makanan dan minuman bertema liburan tropis akan menjadi tren besar pada 2024.

“Pada 2024 terdapat tren makanan, dekorasi rumah, dan fashion dalam sentuhan tropis. Generasi Baby Boomer dan Gen Z mendorong tren ini dengan cetakan kembang sepatu dan mocktail yang lezat,” jelas Pinterest dalam laporan tersebut.

Pinterest menambahkan bahwa mocktail nanas mengalami peningkatan pencarian sebesar 70 persen dalam penelusuran.

Kemudian terdapat pencarian kue nanas terbalik (crushed pineapple upside down cake) yang mengalami peningkatan sebesar 50 persen. 

Ada juga estetik unsur kelapa (coconut aesthetic) dan ayam panggang ala Hawaii (hawaiian sheet pan chicken) mengalami peningkatan sebesar 35 persen.

Selain itu, Pinterest menganggap “Melty Mashup” atau gabungan dua makanan seperti burger-quesadillas, ramen-carbonara atau pizza-pie akan menjadi tren makanan yang besar.

Situs web tersebut mencatat Melty Mashup menggabungkan elemen "ooey atau lengket" dari hidangan-hidangan favorit ke dalam satu hidangan menggoda.

“Kami melihat banyak pencarian di Pinterest mengenai kombinasi makanan dengan cara yang sangat tidak terduga, "jelasnya.

Hal yang juga membuat tren ini menonjol adalah tren ini benar-benar didasarkan pada makanan yang menenangkan di berbagai masakan.” kata Stanback dikutip dari Food & Wine.

Adapun variasi favorit pribadi Stanback pada tema mashup yang meleleh itu adalah pai pizza pot, yang menurutnya adalah inovasi yang sesuai dengan tradisi pizza deep-dish khas Chicago. 

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com