Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Langsung Simpan Kacang-kacangan di Kulkas, Ini Cara Simpan yang Benar

Kompas.com - 28/08/2023, 12:11 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Punya aneka jenis kacang-kacangan di rumah? Ikuti tips menyimpan kacang-kacangan di kulkas dapur rumah agar bisa tahan lama.

Pasalnya, menyimpan kacang-kacangan dengan cara yang salah bisa mengurangi kualitasnya hingga bisa membuat kacang tidak aman untuk dikonsumsi.

Dilansir dari The Spruce Eats, simak penjelasan berikut ini.

Baca juga:

Cara simpan kacang-kacangan

Aneka jenis kacang-kacangan bisa disimpan tanpa menggunakan kulit atau cangkangnya. Namun, kacang tanpa kulit atau cangkang dirasa lebih mudah digunakan atau dimasak.

Sebelum kamu memasukkan kacang ke dalam kulkas, ada baiknya untuk menyimpan kacang dalam wadah kedap udara.

Cara ini bisa dilakukan untuk menjaga kelembabannya. Kamu bisa menggunakan ziplock atau kantong plastik untuk frozen food untuk menyimpan kacang.

Selain itu, hindari menyimpan kacang dekat dengan bawang. Terutama bawang putih. Hal ini karena kacang bisa menyerap bau dari benda di sekitarnya, termasuk bawang.

Dengan cara tesebut, sebanarnya kamu bisa menyimpan kacang-kacangan di suhu ruang selama 3 bulan. Namun, kamu bisa memperpanjang durasi simpannya selama enam bulan, jika menyimpan kacang di kulkas.

Selalu pastikan, kacang yang akan disimpan dalam kulkas sudah dibungkus dengan wadah kedap udara terlebih dahulu.

Selain di kulkas, kamu bisa simpan kacang di freezer selama satu tahun atau lebih. Jangan lupa untuk melabeli kemasan kacang dengan tanggal penyimpanan.

Jika kamu merasa kacang yang kamu simpan menunjukkan ke arah basi, sebaiknya panggang kacang dalam suhu sekitar 170 derajat celsius selama 10 menit.

Cara ini bisa memperbaiki kacang yang tengik kembali menjadi renyah.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com