Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/06/2023, 12:09 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Menjelang hari pembagian daging, sebaiknya ketahui cara menyimpan daging merah yang benar sehingga kualitas dan gizinya tidak mudah berkurang.

Dilansir dari berbagi sumber, ada penjelasan seputar apakah daging perlu dicuci sebelum disimpan berikut ini.

Baca juga:

Apakah daging perlu dicuci sebelum disimpan?

Dilansir dari laman Kompas.com, Chef HARRIS Hotel Sentul City – Bogor, Yogie Putranto menyarankan untuk langsung memasukkan daging segar ke freezer.

Jangan cuci daging terlebih dahulu dengan air.

“Kalau dicuci dulu nanti terkontaminasi bakteri yang ada di air. Pakai alumunium foil supaya vitamin di dalam daging tidak hancur. Kecuali kemasan dari supplier itu bisa langsung masuk,” kata Yogie.

Sebelum dimasukkan ke dalam freezer, ada baiknya untuk membungkus daging ke dalam wadah kedap udara atau bungkus plastik wrap.

Hal tersebut untuk menjaga kualitas daging agar tidak menurun.

Ada pun untuk daging yang disimpan dalam freezer, kemudian dibungkus dengan baik dan bersih, maka bisa tahan hingga enam bulan lamanya.

Ilustrasi daging di talenan kayuSHUTTERSTOCK/jazpada Ilustrasi daging di talenan kayu

Ditambahkan dari laman Healthline, mencuci daging mentah di bawah air mengalir bisa saja memercikkan air yang membuat bakteri mudah berpindah.

Tentu saja, hal tersebut menyebarkan kuman pada bahan makanan lainnya. Oleh karena itu, sebaiknya hindari mencuci daging dengan air mengalir.

Dalam laman tersebut juga dijelaskan, sebenarnya hal yang lumrah untuk mencuci daging segar yang baru saja dibeli di pasar tradisional.

Hal tersebut bisa dilaukan untuk membersihkan daging dari darah atau kontaminasi kotoran lainnya.

Dilain penjelasan, ada penjelasan seputar daging dapat direndam dalam larutan asam seperti cuka putih atau perasan lemon.

Bilas dengan air mengalir sebelum dibumbui dengan bumbu kering atau bumbu rendaman, setelah itu dimasak atau dibekukan dengan segera.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com