Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/01/2023, 17:10 WIB
Krisda Tiofani,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Shabu-shabu dan steamboat merupakan hidangan berkuah yang sekilas terlihat mirip.

Kedua makanan ini berasal dari negara berbeda. Shabu-shabu berasal dari Jepang, sementara steamboat merupakan hidangan dari China.

Direktur Indosato Jaya Makmur Tomoki Nakano dibantu oleh Supervisor Operational Washoku Sato sekaligus penerjemah Andreyas Crystivian Dani, menjelaskan perbedaan shabu-shabu dan steamboat.

"Kalau steamboat, semua bahan makanannya langsung direbus menjadi satu. Mulai dari sayuran sampai udang," kata Nakano saat ditemui Kompas.com di Washoku Sato Batu Tulis, Rabu (25/1/2023).

Berbeda dengan steamboat, bahan makanan untuk shabu-shabu akan dimasukkan satu per satu, mulai dari tekstur yang paling keras hingga lunak.

Baca juga:

Ilustrasi steamboat. Dok. Shutterstock/Michaelnero Ilustrasi steamboat.

Biasanya dimulai dari sawi putih dan wortel. Sayuran ini dimasukkan ke dalam kuah shabu-shabu yang sudah mendidih. Kemudian, dilanjut dengan tahu dan jamur.

Bahan makanan yang dipakai dalam steamboat dan shabu-shabu juga berbeda.

Nakano mengatakan, shabu-shabu asli Jepang hanya terdiri dari kuah, sayur dan dua jenis saus, yakni ponzu dan goma tare.

Namun, shabu-shabu yang ada di Indonesia saat ini memiliki lebih banyak isian, sesuai dengan selera orang Indonesia. Ada bakso, daging, hingga chikuwa.

"Jadi nama shabu itu menunjukkan cara bolak-balik daging atau sayuran di dalam kuah kaldunya. Cukup satu kali bolak-balik saat dicelupkan ke kuah, makanya disebut shabu-shabu," jelas Nakano.

Mirip dengan shabu-shabu di Indonesia, isian steamboat juga terdiri dari sayuran dan aneka bakso. Hanya saja, lebih beragam.

Baca juga:

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com