Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/12/2022, 20:32 WIB
Yuharrani Aisyah

Penulis

KOMPAS.com - Menurut Korea Times, masyarakat pertanian tradisional Korea menganggap sapi sebagai sahabat manusia.

Masyarakat tersebut menghargai sapi pedaging dengan tidak menyisihkan satu bagian pun termasuk jeroan seperti daechang.

Daechang adalah bagian usus besar sapi yang biasanya disajikan di restoran barbeku Korea. Kamu mungkin sering melihat daechang bakar pada adegan drama Korea.

Tekstur daechang juicy dan berlemak sehingga ketika dikunyah seperti meleleh di mulut. Bagian dalam daechang penuh dengan lemak berwarna putih.

Bentuk daechang yang sudah diolah terlihat seperti sosis menggelembung. Daechang kemudian dipotong sebelum dibakar di atas panggangan arang.

Sejumlah restoran barbeku memarinasi daechang dengan bawang putih. Bumbu dapur ini diketahui memiliki fungsi sebagai pengempuk alami untuk daging dan penghilang bau prengus.

Baca juga:

ilustrasi gopchang, daechang, makchang atau jeroan sapi ala korea.Shutterstock/BYUNGSUK KO ilustrasi gopchang, daechang, makchang atau jeroan sapi ala korea.

Lemak di dalam daechang akan terlihat mengalir keluar ketika dibakar. Saat lemak sudah bergelembung seperti mendidih dan bagian luar daechang kecoklatan, kamu dapat menyantap jeroan ini.

Terdapat saus yang cocok untuk menikmati daechang bakar yaitu campuran minyak wijen dan garam. Selain itu, ada saus dari kecap asin korea ditambah lada fermentasi cincang.

Kamu juga dapat menikmati daechang bakar dengan saus berbahan dasar gochujang.

Di samping daechang, restoran barbeku di Korea juga menyajikan gopchang atau usus kecil sapi. Bagian ini disebut lebih kenyal dan sehat.

Dongeui Bogam, sejarah medis era Joseon (1392-1910) yang disusun pada abad ke-17 menyebut bahwa gopchang dapat meningkatkan stamina fisik dan energi serta menjadikan pergerakan usus lebih sehat.

Baca juga:

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com